1.300 Warga Kulon Progo Terdampak Bandara Baru siap Diberi Pelatihan

Ilustrasi (bandara.web.id)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan, sebanyak 1.300 warganya yang terdampak pembangunan bandara baru akan segera mendapatkan pelatihan selama sebulan, per 1 Maret 2016

Hal tersebut disampaikan Hasto kepada wartawan di kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (17/2/2016), saat menghadiri Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Gunung Kidul, Bantul, dan Sleman.

Menurutnya, pelatihan yang diberikan akan disesuaikan dengan minat warga yang bersangkutan, sesuai yang tertulis dalam formulir yang telah dibagikan oleh Pemda Kulon Progo.

“Pelatihan diberikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulon Progo,” ucap Hasto.

Namun saat ditanya besaran anggaran yang digunakan untuk mendanai program tersebut, Hasto mengaku belum mengetahui secara pasti. Hanya saja, per orang mendapatkan jatah Rp 25 ribu per hari, yang diambilkan dari APBD.

Ditambahkan Hasto, pada 1 Maret mendatang, pihaknya juga akan menandatangi MoU dengan Angkasa Pura (AP) I terkait prioritas pengangkatan tenaga kerja dari warga yang telah mendapatkan pelatihan nantinya.

Hasto optimis, ribuan warga itu akan terserap sebagai tenaga kerja di mega proyek tersebut, mengingat selama in 80 persen pekerja di Angkasa Pura I merupakan lulusan SMA ke bawah sehingga tidak sulit mengakomodir mereka. (Rep-03/Ed-03)