100 Personel TNI AL Yogya Jalani Tes Urine

Petugas BNNP DIY melakukan pemeriksaan urine dari para personel TNI AL Yogyakarta, Senin (11/4/2016). (sutriyati/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – sekitar 100 personel TNI Angkatan Laut (AL) Yogyakarta, Senin (11/4/2016), pagi menjalani tes urine. Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Yogyakarta, Kartoli mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY ini guna meyakinkan bahwa personel TNI AL bebas dari Narkoba.

Baca Juga:  Rohingya Dianiaya, Garda Jogja Galang Dana

“Negara kita ini sedang kena wabah narkoba,” kata Kartoli kepada wartawan, di sela-sela pemeriksaan.

Pada periode pertama dan pemeriksaan perdana ini, sebanyak 100 dari 200an personel TNI di jajarannya diperiksa dadakan, sejak pukul 07.00 – 09.00 WIB, di kompleks Mako TNI AL Yogyakarta.

Selain melakukan pemeriksaan urine, pihaknya juga melakukan antisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerjanya, dengan pembinaan rohani bagi masing-masing personil.

Baca Juga:  BBPOM DIY turut Angkat Suara soal Produk Bedak Bayi Penyebab Kanker

Sementara, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNNP DIY, Aris Subagya mengungkapkan, upaya pemeriksaan kali ini dilakukan untuk mengurangi prevalensi di wilayah DIY yang telah masuk peringkat ke-8 nasional dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

Sayangnya, hasil pemeriksaan baru bisa diketahui maksimal seminggu setelah pemeriksaan.

“Kami belum bisa menyampaikan hasil pemeriksaan kali ini karena permintaan Lanal,” dalihnya. (Rep-03/Ed-03)