11 Tempat Wisata Asyik saat Senja di Yogya

Ilustrasi: senja di Kalibiru (jogjatrip.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Yogyakarta menjadi Kota yang ‘ngangeni’ bagi yang pernah menyinggahinya. Salah satunya, karena Yogya menjadi surga wisata yang indah dinikmati setiap saat, termasuk di kala senja tiba.

Setidaknya ada 11 spot yang asyik untuk dikunjungi saat jelang terbenamnya matahari di kota Gudeg ini, sebagaimana dilansir laman wovgov. Dimanakah itu?

1. Bukit Parang Endog di sekitar Parangtritis

Bukit Parang Endog berada didekat kawasan Parangtritis. Dari atas sini kamu akan menikmati setiap detail matahari tenggelam di dalam air Laut selatan. Suasananya akan sangat begitu romantis saat bias-bias oranye sinar matahari menghantam air menghantarkan senja menuju malam.

2. Istana Ratu Boko

Kompleks istana Ratu Boko terdiri dari bangunan candi, lapangan, kolam dan pendopo. Senja di kompleks ini sangat eksotis dan bisa menjadi tempat berburu ‘view’ menarik bagi kamu yang hobi fotografi. Tak heran jika banyak calon penganting yang melakukan sesi foto prewedding di lokasi ini.

Baca Juga:  Atasi Masalah Papua, Ini yang Semestinya Dilakukan Pemerintah

3. Pantai Glagah Kulon Progo

Bergeser ke pantai selatan di sisi barat ada Pantai Glagah yang menjadi andalan pariwisata di Kulon Progo. Menghabiskan senja di tempat ini juga tak kalah keren, karena kamu akan ditemani pemecah ombak.

4. Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Di pesisir pantai selatan, sisi timur, juga ada pantai Pok Tunggal yang menjanjikan keindahan senja tanpa dihalangi tebing. Siluet pohon duras juga menambah keren tempat satu ini. Ditambah lagi dengan suasana pantai yang sangat nyaman, dengan ombak dan pasir putihnya.

5. Puncak Kosakora, Gunung Kidul.

Masih di Gunung Kidul, ada puncak Kosakora yang berada di perbukitan dekat pantai Drini. Meski lokasinya tersembunyi dan berjarak sekitar 2 km ke arah timur dari Pantai Drini, namun di sini kamu bisa melihat bagaimana susunan pantai-pantai Gunung Kidul nan indah dan bagaimana pemandangan samudra disini saat senja dengan bias-bias oranyenya.

Baca Juga:  Dilantik jadi Menteri, Mahfud MD Minta Non aktif dari Parampara Praja Sultan Yogya

6. Puncak Gunung Purba Nglanggeran, Patuk.

Lokasi satu ini sudah bukan tempat yang asing lagi bagi sebagian orang. Senja di puncak Gunung Purba Nglanggeran juga menawarkan suasana senja yang tak kalah kerennya. Dengan ketinggian kurang dari 1.000 mdpl, kamu bisa menikmati senja dan menyatu dengan alam di sini.

7. Embung Nglanggeran, Patuk

Masih di Nglanggeran, kamu juga bisa menghabiskan waktu sore hari di Embung Nglanggeran. Bias-bias oranye sinar matahari senja yang pecah di air telaga akan menjadi pemandangan yang tidak akan pernah kamu lupakan

8. Puncak Suroloyo Kulon Progo

Dari puncak Suroloyo yang berdekatan dengan Magelang ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat asri dipadu dengan keindahan Gunung Merapi, Sindoro dan Sumbing di sore hari.

9. Kalibiru Kulon Progo.

Kalibiru ini merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan Kokap kabupaten Kulonprogo. Kalibiru ini merupakan bagian dari deretan pegunungan menoreh. Di sini kamu akan disuguhi hijaunya perbukitan menoreh yang membentang luas sekaligus pemandangan waduk sermo dari ketinggian.

Baca Juga:  NPHD Pilkada Kulon Progo sudah Diteken

10. Bukit Bintang, Jalan Wonosari

Bukit Bintang menjadi tempat favorit bagi kawula muda di Yogya. Di kala senja, kamu bisa bisa menikmati pemandangan sunset yang keren sementara saat malam hari masih bisa menikmati indahnya gemerlap lampu kota.

11. Kebun Buah Mangunan

Lokasi terakhir adalah kebun buah Mangunan di Bantul. Pemandangan bukit hijau yang terbentang luas yang merupakan deretan Pegunungan Sewu yang terbentang luas dari Pacitan, Wonogiri hingga Gunung Kidul. Dari atas sini, kamu juga akan bisa menikmati pemandangan indah sungai oya yang membelah perbukitan dengan warna air hijau tosca. Menghabiskan senja disini sungguh sangat menyenangkan. (Rep-03/Ed-03)