13 Hal yang Perlu Diperhatikan saat hendak Terbang Jauh bersama Anak Kecil

Ilustrasi (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com).- Bepergian jauh dengan menumpang pesawat terbang bersama anak kecil, khususnya yang berusia di bawah 3 tahun, bisa jadi butuh persiapan dan tenaga ekstra. Pasalnya, bukan tidak mungkin anak menjadi “rewel” selama di perjalanan hingga membuat panik orang tua atau malah mengganggu penumpang lainnya.

Nah untuk menghindari hal itu, 13 tips dari akun instagram @tejawisata ini bisa dijadikan panduan untuk para orang tua yang hendak membawa putra-putri kecil mereka menempuh perjalanan udara. Apa sajakah yang perlu diperhatikan?

1. Jadwal Penerbangan
Pilih jadwal penerbangan yang sesuai dengan jam tidur malam atau waktu istirahat siang bagi anak-anak.

2. Bersikap Baik kepada Penumpang Lain
Maksudnya, orang tua perlu lebih dulu meminta maaf kepada penumpang yang duduk di sekitarnya karena mungkin anaknya akan teriak-teriak atau tantrum.

3. Bawa Keperluan Anak yang cukup banyak di Kabin
Keperluan anak itu bisa berupa susu formula, baju ganti, popok, maupun tisu basah. Ini penting agar tak mengundang kepanikan ataupun kebingungan orang tua selama berada di pesawat atau saat transit.

4. Bawa Mainan di Kabin
Tak ada salahnya, anak-anak juga dibekali dengan mainan-mainan kesukaannya sehingga saat berada di pesawat, ia tak merasa bosan.

5. Pilih Backpak sebagai Hand Luggage
Isi backpak dengan berbagai barang yang diperlukan, sementara kedua tangan masih tetap bisa menggendong, menggandeng, maupun mendorong anak di dalam stroller.

6. Isi Hiburan di Gadget
ini penting sebagai senjata terakhir ketika anak mulai “rewel” dan sulit dikendalikan saat berada di pesawat.

7. Pilihlah Penerbangan tak Langsung (transit)
Meski waktu tempuhnya menjadi lebih lama, tapi cara ini bisa diambil untuk memberikan kesempatan anak-anak bergerak aktif setelah terbang jauh.

8. Bawa Snack Favorit Anak-anak
Snack atau makanan ringan ini setidaknya bisa untuk mengganjal perut anak saat merasa lapar di dalam pesawat.

9. Gendong di Pundak
Saat anak tiba-tiba menangis dalam penerbangan, cobalah untuk menggendongnya dengan posisi anak di pundak.

10. Booking Baby Bassinet
Bassinet ini bisa dipesan untuk anak usia kurang dari satu tahun. kalau pun ia tidak bisa tidur di tempat khusus itu, minimal orang tua punya space untuk ‘selonjoran’.

11. Pakaian Nyaman
Pakailah baju yang nyaman dan longgar, termasuk nursing cover sehingga tak ribet saat harus menyusui anak di pesawat.

12. Datang lebih Awal
Karena selain untuk keperluan boarding, waktu yang senggang juga memungkinkan bagi ibu dan anak untuk beradaptasi terlebih dahulu sebelum terbang.

13. Perhatikan Diri Sendiri
Last but not least, menikmati perjalanan dengan perasaan happy juga akan mempengaruhi mood baik anak saat terbang jauh bersama orang tuanya. (Ed-04)