Bangkitkan Ekonomi, Pemkot Yogyakarta Anggarkan 100 Miliar

YOGYAKARTA – Memasuki masa kebangkitan ekonomi saat pandemi covid 19, Pemerintah Kota Yogyakarta telah menganggarkan dana sekitar Rp 100 miliar. Diharapkan ekonomi masyarakat saat sekarang ini bisa mulai menggeliat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, di Yogyakarta, Ahad (12/7/2020)

Heroe menjelaskan, walaupun saat ini masa tanggap darurat covid 19 diperpanjang namun kota Yogyakarta tidak melakan realokasi anggaran kembali.

“Masih masuk kerangka tak terduga, sebenarnya kita ini kan memasuki masa kalau dalam tahapan pemerintah Kota memasuki masa kebangkitan dan pemluihan ekonomi yang kemarin sudah kami anggarkan cukpu besar hampir Rp 100 an milyar,” paparnya.

Baca Juga:  Pembatalan Operasional KA Reguler Jarak Jauh dan KA Bandara Diperpanjang

Heroe mengatakan, dalam masa perpanjangan jangan dipahami bahwa pemkot Kota Yogyakarta tidak menyiapkan apapun untuk masa pemulihan.

“Saat ini adalah persiapan masa pemulihan tetapi kita tidak boleh abai, kita harus persiapkan protokolnya dengan serius tetap juga mengkondisikan masyarakat untuk terbiasa dengan protokol covid di manapun,” kata Wawali.

Saat ini pihaknya masih memiliki pekerjaan yang harus segera diselesaikan yaitu membiasakan masyarakat untuk terbiasa dengan protokol covid di manapun berada.

Baca Juga:  Warga Kota Yogya Kini bisa Urus Akte Kelahiran Lewat Ponsel

“Masyarakat harus terbiasa dengan protokol covid dimanapun berada entah itu di pasar, transportasi umum, terminal. Kami juga mendapatkan masukan bahwa saat ini masyarakat masih belum begitu kuat melaksanakan protokol kesehatan,” urainya.

Dirinya mencontohkan, saat berkunjung di Malioboro masih banyak masyarakat yang melanggar rambu-rambu dalam berjalan, misalkan harusnya berjalan dengan satu arah tetapi masih banyak warga yang melanggarnya.

“Seperti di Malioboro masih banyak warga yang melawan arus saat berjalan, artinya masih banyak yang abai, Harapan kami tidak perlu sampai ada sanksi. Tetapi hasil dari evaluasi memang harus ada teguran-teguran langsung,” imbuhnya.

Baca Juga:  Hadapi Wabah Corona, Ini Pesan Sultan Yogya untuk Masyarakat

Editor: Aras