20 Eks PSK Terima Bantuan, Ini Pesan Camat Gedongtengen Yogya

Ilustrasi (youtube.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) –
Sebanyak 20 eks Pekerja Seks Komersial (PSK) di wilayah Pasar Kembang, Bong Suwung, dan Giwangan Yogyakarta menerima bantuan berupa peralatan memasak dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota setempat, di Pendopo Kantor Kecamatan Gedongtengen, Jum’at (13/5/2016).

Dalam sambutannya, Camat Gedongtengen, Antariksa Agus Purnama meminta, agar penerima bantuan benar-benar bisa memanfaatkan peralatan tersebut sehingga mampu berswadaya melalui berbagai usaha kuliner.

Loading...

“Peralatan ini jangan dijual, manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengembangkan ilmu yang kemarin didapat sealama pelatihan. Kalau telaten dan rajin pasti akan jadi lebih baik” Pintanya, seperti dilansir laman Pemkot Yogyakarta.

Harapan serupa juga disampaikan Denny Utomo Yusuf selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Gedongtengen.

“Bantuan  ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengash keterampilan mereka di bidang kuliner sehingga ke depannya mampu memulai usaha baru dan mengentaskan mereka dari dunia prostitusi” Tuturnya.

Sementaran Lina, salah seorang penerima bantuan merasa senang dengan perabot yang didapat. Menurutnya, alat-alat ini akan dimanfaatkan untuk membuat usaha kuliner roti dan kue kering. Terlebih saat menjelang puasa dan lebaran.

Sebelum menerima bantuan, ke-20 eks PSK tersebut telah mengikuti pelatihan kuliner yang diselenggarakan oleh Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta pada tanggal 18 hingga 23 Maret lalu.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan  RI dengan maksud sebagai pemberdaaan bagi pemuda dan wanita, dengan menggunakan sumber dana dari APBN, APBD Propinsi, serta APBD Kota.

Untuk tahun ini, bantuan yang diserahkan kepada masing-masing penerima terdiri atas 13 item yang meliputi oven, mixer, kompor gas beserta tabung dan regulatornyanya, pembuat mi, dan lain-lain. (Rep-03/Ed-03)