Kementerian PU Klaim Sanitasi di Indonesia Semakin Membaik

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PPLP) Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU), M. Maliki Mursyid mengklaim jika kondisi sanitasi di Indonesia sudah kian membaik.
"Sudah sebesar 59,71 persen memiliki sanitasi yang layak. Sedangkan, lebih dari 40 persennya masih belum memiliki sanitasi yang baik," ujarnya di Yogyakarta, Rabu (2/7). 
Maliki mengatakan, untuk meningkatkan perbaikan itu, pihak PPLP Kemen PU akan menyusun dokumen yang berisi perencanaan, strategi, memorandum, serta master plan. 
Baca Juga:  Anggota HMI Ditangkapi, Mahfud MD Bereaksi
"2014 merupakan tahun akhir pelaksanaan program jangka menengah. 2015 hingga 2019 merupakan implementasi dari pembangunan sanitasi," katanya. 
Kepala Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PPLP) Kementerian Pekerjaan Umum DIY, Sudrajat menambahkan, untuk sanitasi di DIY sudah sangat baik.
"Dari taget 64,40 persen, tercapat 80 persen. Tahun depan kita targetkan 100 persen," klaim Sudrajat. 
Untuk mencapainya, lanjut dia, pihaknya akan melanjutkan program Metropolitan Sanitation Management and Health Project (MSMHP) dengan memasang pipa sebagai saluran pembuangan, termasuk untuk sanitasi sepanjang 32 kilometer. "Targetnya sebelum lebaran sudah selesai," katanya.
Baca Juga:  Konflik Parlemen, Pengamat: Buka Kembali Komunikasi Politik
Sementara itu, Minggu 22 Juni lalu, Sekretaris Forum Komunitas Daerah Aliran Sungai (Forsidas) Gajah Wong, Agus Susanto kepada kabarkota.com menjelaskan jika kesadaran masyarakat tentang lingkungan masih rendah. Termasuk dalam hal sanitasi.
"Pemahaman masyarakat terhadap lingkungan masih tipis. Baik itu dari sisi ekonomi, sosial maupun budaya," kata Agus. (jid/kim)