Tips Meningkatkan Nilai Tawar dalam Melamar Pekerjaan

Ilustrasi. (Sumber: rumahtips.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Mencari pekerjaan memang memerlukan perjuangan. Akan tetapi, perjuangan yang dilakukan akan lebih baik jika disertai dengan nilai tawar yang seseorang miliki.

Berpengalaman tak hanya seseorang yang sudah bekerja untuk kemudian langsung bisa diterima bekerja. Fresh graduate atau yang baru saja menyelesaikan studi dan hendak melamar pekerjaan pun harus memiliki pengalaman. Berikut beberapa hal penting yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai tawar dalam melamar pekerjaan.

Baca Juga:  Saat Mudik Lebaran Bersama si Kecil, Lakukan 6 Hal Ini


1. Kemampuan Berkomunikasi

Setiap instansi hampir dipastikan memerlukan seeorang yang mampu berkomunikasi dengan baik. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dengan bisa menampilkan wawasan terhadap banyak hal, dinilai akan mudah beradaptasi dalam sebuah instansi.

2. Menguasai Bahasa Asing
Kemampuan ini sangat penting menjadi pertimbangan. Saat ini, perusahaan-perusahaan mulai menekankan pentingnya kemampuan berbahasa asing, termasuk perusahaan-perusahaan besar yang memiliki relasi luas dalam manajemen perusahaannya.

Baca Juga:  3 Langkah Praktis Hilangkan Kantung Mata

3. Kemampuan Menulis dan Korespondensi
Apabila seseorang memiliki kemampuan ini, akan menjadi nilai tambah yang umum apabila dimiliki. Namun demikian, kemampuan tersebut sangat penting apabila seseorang bekerja di hadapan komputer.

4. Aktif di Organisasi

Pengalaman masuk di sebuah organisasi menjadi nilai tawar seseorang dengan bukti mampu melakukan manajerial dalam sebuah tim.


5. Pengalaman Kerja

Apapun itu, pengalaman seseorang di perusahaan tempat bekerja sebelumnya, jelas merupakan sebuah nilai tambah yang membuktikan sudah pernah berinteraksi di dunia kerja. Apabila masuk dalam perusahaan yang baru, proses adaptasi kemungkinan akan lebih efektif. (www.rumahtips.com)