Trik Mengatur Cahaya Ruangan agar Lebih Nyaman

Ilustrasi (sumber: rumahminimalist.net)

JAKARTA (kabarkota.com) – Hampir setiap orang mendambakan kenyamanan, terutama saat berada di rumah sendiri. Suasana nyaman itu ternyata bisa juga diciptakan dari tata letak lampu dan pencahayaan dalam tampilan interior rumah.

Karenanya, trik pencahayaan menjadi elemen penting dalam penataan ruang, selain tata letak furniture dan perabot maupun ornamen lainnya.

Jika Anda juga ingin menata rumah Anda supaya lebih nyaman melalui trik pencahayaan, simak trik berikut ini:

1. Ruang Tamu/ Ruang Keluarga
Gunakan Lampu sentral dan kombinasikan lampu pada sudut ruangan yang sesuai di  ruang tamu atau ruang keluarga. Bahkan, lampu meja juga bisa menjadi alternatif yang tepat.

Baca Juga:  Hari Musik Nasional, SID Kritik Musisi di Indonesia

Namun sebaiknya tidak terlalu banyak menempatkan lampu, jika ingin cahaya tambahan, buatlah yang natural. Misalnya dengan menempatkan cermin besar, sehingga dapat menggandakan cahaya dari lampu yang direfleksikannya.

Jika ingin ruangan tampak lebih mewah, maka Anda dapat menggunakan lampu chandelier dengan cahaya kejinggaan. Tak perlu lampu dengan model antik atau vintage. Sesuaikan dengan desain interior keseluruhan rumah.

2. Kamar Tidur
Pastikan lampu yang digunakan tidak terlalu terang dan menyilaukan, sebab kamar tidur berfungsi sebagai ruang istirahat yang privat. Mood-lighting yang cahayanya bisa diatur (redup, terang, sangat terang) sangat cocok untuk area ini. Pasang juga lampu tambahan, seperti lampu meja berbentuk lilin atau yang memiliki tudung yang bisa dinyalakan saat Anda menginginkan mood yang hangat atau romantis di kamar tidur.

Baca Juga:  Ditanya soal akun Twitter, Ini Jawaban Sultan

3. Dapur
Cahaya yang terang sesuai untuk dapur, sebab di ruangan ini Anda harus mengerjakan tugas rumah tangga paling penting, yakni memasak. Pilihlah lampu neon bercahaya putih terang. Tempatkan juga lampu di bawah kabinet agar memudahkan Anda mencari peralatan masak.

4. Ruang Belajar/ Ruang Kerja
Seperti halnya dapur, ruang belajar atau ruang kerja juga harus mempunyai cahaya yang terang. Bahkan Anda disarankan menempatkan lampu meja untuk membantu penglihatan. (Wolipop)