Cegah Penyakit Tidak Menular, Lakukan 5 Langkah Kebiasaan “CERDIK”

Ilustrasi (seranganjantung.org)

(kabarkota.com) – Kesehatan adalah salah satu anugerah Tuhan yang tak ternilai. Namun, terkadang seseorang kurang peduli untuk menjaga anugerah tersebut, dengan mengabaikan pola hidup yang sehat dan seimbang.

Akibatnya? Orang sering tidak menyadari  jika ternyata tubuhnya telah digerogoti Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti kanker, tumor ganas,  jantung koroner, stroke, dan Diabetes Militus. Bahkan, PTM ini tak mengenal usia, maka tak heran jika akhirnya banyak orang dengan usia yang masih relatif muda meninggal dunia karena terserang penyakit kronis.

Baca Juga:  Preman Pensiun 2 Tayang, Begini Kehebohan Penggemarnya

Berdasarkan data WHO (2010),  tiga dari lima penduduk meninggal karena PTM. Selain itu, pada tahun 2030 mendatang, PTM diprediksikan mengancam kehidupan 52 juta orang.

“Setiap tahun, 9 juta orang berusia di bawah 60 tahun meninggak akibat penyakit tidak menular,” sebutnya seperti dilansir laman Kementerian Kesehatan RI.

Karenanya, untuk menghindari berbagai jenis penyakit tersebut, maka tak ada salahnya masyarakat mulai melakukan lima langkah “CERDIK” berikut ini:

1.Cek kesehatan secara rutin
Ini penting untuk mendeteksi kemungkinan adanya gangguan kesehatan sedini mungkin, sehingga upaya penyembuhannya bisa segera dilakukan jika memang ada penyakit di dalam tubuh.

Baca Juga:  Tips Memilih Lokasi Bisnis Dadakan di Bulan Ramadhan

2.Enyahkan asap rokok
Ingat, asap rokok tidak hanya berdampak bagi perokok aktif, tetapi juga perokok pasif atau orang sebenarnya tidak merokok tetapi ikut menghirup asap beracun tersebut. Jadi, matikan rokokmu dari sekarang!

3.Rajin melakukan aktivitas fisik
Olah raga secara rutin meski hanya dalam beberapa menit saja per harinya, akan membantu tubuh menjaga kekebalannya dari berbagai ancaman penyakit

4.Diet seimbang
Diet yang alami dan seimbang tentunya tidak hanya akan menjaga berat badan, tetapi juga mampu menjaga kesehatan fisik seseorang.

Baca Juga:  Kisah Haru Pernikahan Pasien Amputasi di Rumah Sakit Sardjito Yogya

5.Kelola stres
Hal yang tentunya tidak mudah, tetapi jika seseorang mampu mengelola stres dengan baik, misalnya dengan melampiaskan emosi dengan hal-hal yang positif, maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

Jadi, jika ingin terhindar dari PTM, tidak ada kata terlambat untuk memulai lima langkah tersebut dari sekarang. (Rep-03/Ed-03)