Ini Tujuh Hal yang Mempengaruhi Penilain Rekan Kerja Anda di Kantor

Ilustrasi (sumber: plantationparkcondos.org)

JAKARTA (kabarkota.com) – Kantor merupakan tempat bagi Anda para pekerja yang diharapkan bisa menunjukkan sikap dewasa dan bertanggung-jawab. Sifat dan kebiasaan Anda di lingkungan tersebut juga akan menggambarkan kredibilitas kerja Anda.

Berikut tujuh hal yang akan mempengaruhi penilaian rekan kerja terhadap Anda di kantor.

1.Jam Masuk Kerja

Bagi profesional yang bekerja di kantor dengan aturan jam kerja ketat, datang tepat waktu akan menjadi hal penting diperhatikan oleh rekan kerja Anda. Tak heran, jika di perusahaan yang memniliki budaya kerja cenderung formal, datang terlambat tapi pulang lebih cepat akan mengundang kesinisan dari orang-orang di kantor Anda. Bahkan ketika Anda bekerja dengan performa yang sangat baik. Selain itu, bagi manajer, datang terlambat juga menjadi penilaian buruk karena akan dianggap kurang teliti dan efektif kinerjanya.

2.Teman Bergaul

Sebaik apa pu hasil kerja Anda, namun jika sahabat di kantor terkenal buruk reputasinya, maka Anda juga akan ikut terlihat buruk. Sebaliknya, ketika Anda bergaul dengan rekan kerja yang etos kerjanya bagus, maka reputasi Anda otomatis juga akan terangkat.

3.Sikap saat Rapat

Rapat merupakan kesempatan bagi Anda untuk bertemu dengan rekan kerja yang jarang ditemui dalam keseharian. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk menciptakan kesan bahwa Anda merupakan karyawan yang bisa diandalkan. Usahakan tampil percaya diri dan menjaga bahasa tubuh. Selain itu, hindari sikap yang menunjukkan Anda tidak memperhatikan diskusi, misalnya dengan tidak bermain gadget saat meeting.

4.Dekorasi Meja Kerja

Selain soal performa kerja dan penampilan, ternyata dekorasi meja kerja juga mempengaruhi penilaian seseorang terhadap Anda. Hati-hati, jika meja kerja Anda kosong tanpa barang pribadi apa pun yang Anda taruh di meja, maka orang justru akan menilai Anda bekerja tanpa minat. Namun, jika meja Anda terlibat ramai dengan barang-barang di meja, orang juga akan menilai Anda terkesan kurang serius dalam bekerja.

5.Cara Bergaul dengan Atasan

Bersikap baik pada atasan bukan berarti tindakan menjilat, sebab Anda memang mempunyai kewajiban untuk menghormati mereka. Itu juga akan menjadi penilaian tersendiri di lingkungan kerja Anda, jadi usahakan untuk selalu bersikap normal namun sopan pada atasan Anda.

Baca Juga:  Ketika Beckham Merayakan Hari Jadi

6.Sikap terhadap Office Boy
Sikap Anda terhadap office boy atau pesuruh kantor lainnya juga memberi gambaran karakteristik Anda. Jika Anda sering tidak acuh atau kurang sopan kepada mereka, maka rekan kerja pun akan memandang rendah terhadap Anda.

7.Cara Menghadapi Masalah
Untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari atasan maupun rekan kerja Anda, maka Anda harus menjadi karyawan yang tanggap dalam mengatasi kesalahan serta berani mempertanggung-jawabkannya, sefatal apa pun kesalahan tersebut. (Wolipop)