Cara Asyik Menikmati Air Putih Beraroma yang Menyehatkan

Ilustrasi 
 
YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Banyak cara dilakukan orang untuk menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya, dengan mengkonsumsi air putih. Nah, bagi yang tidak terlalu suka dengan air putih yang tak berasa itu, Anda bisa membuat air putih beraroma tapi tetap menyehatkan.
Adalah Infused water atau spa water, dalam bahasa Indonesia disebut air infus yang kini tengah menjadi trend kesehatan baru di Indonesia.
Infused Water pertama kali diperkenalkan oleh blogger asal Oregon AS, Amy Pogue, karena terinspirasi dari ibunya yang sejak kecil selalu memberinya air dengan potongan lemon di dalamnya.
Baca Juga:  Pelaku Bisnis Pariwisata DIY Terdampak Kenaikan Harga Tiket Pesawat dan Bagasi Berbayar
Uniknya, air beraroma ini tidak memiliki resep paten, sehingga Anda bisa memasukkan buah apapun di dalamnya. Hanya saja, untuk bisa mendapatkan efek segar dari sari pati buahnya, perlu melalui proses 'pendiaman' selama beberapa jam. 
Pada prinsipnya, infused water tidak hanya berisi irisan buah tapi juga bisa dimasukan herbal atau rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, daunt mint, daun kemangi, serai dan lain sebagainya.
Berikut ini cara sederhana membuat  infused water yang busa Anda lakukan di rumah.
1. Pilih buah-buahan yang akan dicampur ke dalam air putih tetapi hindari buah-buahan yang berdaging dan mudah lembek.
Baca Juga:  Kopi bisa Bikin Olahraga Lebih Menyenangkan, Begini Caranya
 
2. Cuci bersih buah-buahan kemudian memotongnya sesuai ukuran, dengan perbandingan 5 hingga 10 buah untuk 100 ml air. 
 
3. Masukkan potongan buah dan air putih tersebut ke dalam botol lalu tutup dengan rapat. Kemudian masukkan ke dalam kulkas selama minimal 5 atau 6 jam. Beberapa buah bisa diisi ulang hingga pemakaian 24 jam. 
Infused water bisa tahan dari 3 hingga 5 hari, semua tergantung pada buah yang dipakai. Adapun manfaat infused water berdasarkan kombinasi aneka buah yang digunakan:
1. Stroberi dan kiwi
Baca Juga:  Pasca Moratorium, Pembangunan Hotel dan Apartemen di Sleman masih Disoroti
Bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular, yakni menguatkan sistem kekebalan, menurunkan gula darah, dan memperlancar pencernaan.
 
2. Teh hijau + daun mint + jeruk nipis
Bermanfaat untuk pembakaran lemak, pencernaan, meredakan sakit kepala, mengatasi susah buang air besar, dan menjaga kesehatan pernapasan.
 
3. Timun + jeruk nipis + lemon untuk mengatasi kembung, mengontrol nafsu makan, mengatasi dehidrasi, dan menjaga kesehatan pencernaan.
 
4. Lemon, jeruk nipis sebagai sumber vitamin C dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.
Selamat mencoba