4 Jenis Makanan yang Pantang bagi Penderita Kanker

Ilustrasi (slim232.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Menderita penyakit kanker menjadi sesuatu yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Pasalnya, tak sedikit yang penderitanya tak tertolong karena penyakit yang menggerogoti sel-sel dalam tubuh ini.

Namun, sebenarnya tidak ada penyakit yang tidak bisa diobati. Pengalaman salah seorang warga Yogyakarta, Eka Wibawa yang putrinya pernah divonis kanker darah (leukimia) membuktikan bahwa dengan pengobatan dan perawatan yang rutin dan baik, kanker tersebut bisa disembuhkan dalam jangka waktu dua tahun.

Baca Juga:  Menkes sebut penyakit katastropik gerogoti biaya JKN

Menurut Eka, faktor penyebab kanker tidak saja karena genetik (turunan), tetapi bisa juga disebabkan karena pengaruh kimia, dari berbagai hal termasuk makanan yang dikonsumsi, serta paparan radiasi.

Karenanya, meski telah dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut, namun hingga kini Eka tetap menjaga dan mengontrol pola hidup sehat pada putrinya, terutama dalam hal konsumsi makanan yang bisa mempengaruhi munculnya kembali sel-sel kanker di tubuhnya.

Baca Juga:  Pemerintah Bisa Terapkan Transportasi Sistem Tiket

Empat jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita kanker itu, sebut Eka, makanan cepat saji, mengandung pewarna kimia, bahan pengawet dan tercampur micin atau penyedap rasa.

Selain itu, untuk bisa mencapai pada kesembuhan, faktor keimanan dan doa juga penting untuk tetap ditumbuhkan, karena terkadang keajaiban Tuhan datang karena dua hal tersebut. (Rep-03/Ed-03)