RS Pratama Mangkrak, DPRD akan Panggil Walikota Yogya

Ilustrasi (jogjakota.go.id)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta berencana memanggil walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti terkait mangkraknya Rumah Sakit (RS) Pratama yang semestinya beropasi pada Februari 2016 lalu.

Rencana tersebut disampaikan wakil ketua DPRD Kota Yogyakarta, M. Ali Fahmi kepada kabarkota.com, Kamis (14/4/2016). “Walikota dan jajarannya belum.pernah menjelaskan kepada kami tentang konsep dan grand design Rumah Sakit Pratama Yogyakarta. Ke depan akan seperti apa? Hanya asal bangun proyek mercusuar tapi tidak ada realisasi yang jelas,” kata Fahmi.

RS Pratama yang oleh walikota rencananya dilaunching pada bulan Februari itu selalu mengalami kemunduran jadwal, dengan dalih sarana dan prasarananya yang sama sekali belum siap, termasuk tempat parkir yang sempit sehingga berpotensi mengganggu pelayanan RS utamanya akses ke UGD.

Baca Juga:  Persiapan Pilkada DIY 2017: Gerindra Klaim Punya Daya Tarik, Politisi PAN Siap Diusung

Fahmi mengaku khawatir dengan mangkraknya RS tipe D tersebut akan menyedot banyak dana APBD untuk perawatan Gedung.

“Kami mempertanyakan komitmen walikota Yogyakarta atas tindaklanjut RS Pratama sebagai rumah sakit tanpa kelas, dengan standar kelas III,” ucap politisi PAN ini.

Pihaknya juga menilai, SDM RS Pratama belum dipersiapkan secara optimal sehimgga konsep dan perencanaannya tidak jelas dan terancam tidak beroperasi. Padahal, berdirinya RS ini merupakan salah satu janji kampanye walikota Yogyakarta, pada 2011 lalu.

Baca Juga:  Heritage Yogya jadi Incaran Asing

RS Pratama yang beralamat di. Jalan Kolonel Sugiyono No. 98 Mergangsan, Yogyakarta ini  merupakan rumah sakit yang ddibangun dengan dana APBD sekitar Rp65 miliar, melalui penganggaran multiyear selama lima tahun. Rumah sakit ini dibangun di tanah seluas 3.775 meter persegi dengan luas bangunan 8.900 meter persegi.

Dengan luasan tersebut, RS ini diperkirakan mampu menampung 71 tempat tidur dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas layanan pendukung seperti, ruang ICU,  layanan poliklinik rawat jalan, Instalasi Gawat Darurat, ruang bedah, dan ruang kantor untuk menunjang operasional rumah sakit.

Baca Juga:  Melawan Stigma Penyandang Disabilitas dengan Karya

Pada dasarnya, keberadaan RS Pratama ini difungsikan sebagai pendukung tingginya pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat. Sekaligus, penghubung antara Puskesmas dengan RSUD Yogyakarta, dalam program pelayanan kesehatan khususnya pengguna jaminan kesehatan nasional. (Rep-03/Ed-03)