Jelang Lebaran, Pembayaran Gaji ke-13 Ditunda

Ilustrasi (youtube.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) memutuskan untuk menunda pembayaran gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sebelumnya direncanakan berbarengan dengan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

Deputi SDM Aparatur KemenpanRB, Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, THR atau yang sering disebut gaji ke-14 rencananya akan diberikan terlebih dahulu, pada bulan Juni 2016 kepada seluruh PNS, TNI, POLRI, penerima pensiun, penerima tunjangan, kepala daerah hingga Menteri.

Baca Juga:  HUT Bhayangkara ke 73, YLBHI Soroti Kebijakan Hukum yang Bermasalah

“Kemudian setelah itu gaji ke-13 baru akan diberikan pada bulan Juli,” ucap Setiawan, seperti dilansir laman Kemenpan, baru-baru ini. Penundaan itu dilakukan, lanjutnya, dengan mempertimbangkan kondisi keuangan negara.

Dijelaskan Setiawan, ketentuan mengenai gaji ke-13 dan THR tersebut dituangkan dalam dua Peraturan Pemerintah (PP). Menurutnya, gaji ke-13 sebesar penghasilan sebulan pada bulan Juni 2016. Untuk PNS, anggota TNI/POLRI meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum dan tunjangan kinerja. Sedangkan bagi pejabat negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

Baca Juga:  Pengusaha Terbebani Istilah THR untuk Buruh 1 Bulan Kerja

Adapun untuk THR, akan diberikan sebesar gaji pokok. Namun THR untuk penerima pensiun/tunjangan hanya 50% dari pensiun pokok/tunjangan. (Rep-03/Ed-03)