Jokowi Temui Sultan HB X di Keraton Yogya, Ini yang Dibicarakan

Pertemuan Presiden Jokowi dan Sultan HB X, di Keraton Yogyakarta, Jumat (28/9/2018). (dok. setkab)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) sempat sarapan bersama Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan keluarganya, sebelum memulai agenda kunjungan kenegaraannya di DIY, Jumat (28/9/2018).

Saat tiba di Keraton Yogyakarta sekitar pukul 08.15 WIB, Presiden beserta rombongan disambut oleh kedua putri Sultan, GKR Mangkubumi dan GKR Condrokirono, sebelum kemudian sarapan pagi bersama Sultan HB X dan GKR Hemas.

Baca Juga:  Ini 4 Calon Anggota DPD RI yang akan Mewakili DIY

Sembari menyantap hidangan seperti ketan hitam, gatut, lupis, dan cenil, ketiganya sempat berbincang-bincang, tentang cucu, hingga masalah negara.

“Kami banyak berbicara mengenai cucu. Ya menyinggung sedikit mengenai masalah yang berkaitan dengan negara dan kebangsaan. Ya itu aja,” kata Presiden Jokowi, seperti dilansir dari laman Setkab.

Presiden mengaku, selain bersilaturrahim dengan keluarga Gubernur DIY, kedatangannya di Keraton Yogyakarta kali ini juga sekaligus memenuhi undangan Sultan.

Baca Juga:  Hicon: 73.53% Pemilih Milenial di Pedesaan

Sementara Sultan menyatakan, hubungannya dengan Presiden Jokowi sudah terjalin baik, saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. “Jadi ya kekeluargaan, saling silaturahmi jadi sesuatu yang bagi saya penting untuk menjaga hubungan,” tutur Sultan.

Terlebih saat ini keduanya sama-sama duduk di pemerintahan, sehingga Sultan beranggapan bahwa bertukar pikiran antara keduanya merupakan hal yang biasa.

“Saya kan di pemerintahan, beliau juga di pemerintahan, jadi tukar pikiran itu biasa terjadi. Itu saja. Tapi kan tidak bisa semuanya disampaikan,” tutur Sultan. (Ed-03)