Puri Mataram Hadirkan “Tugu Yogya” di Tengah Taman Bunga

Taman bunga Puri Mataram Sleman (dok. kabarkota.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – Tugu pal putih menjadi ikon wisata kota Yogyakarta. Hampir setiap wisatawan, khususnya dari luar daerah yang berkunjung ke jantung Kota tak melewatkan mengabadikan momen di sekitar tugu tersebut.

Namun, kini wisatawan tak selalu harus ke kawasan jalan Mangkubumi untuk bisa selfie dengan latar belakang tugu pal putih. Di Sleman, ada wahana wisata Puri Mataram yang “menghadirkan” ikon Yogyakarta tersebut di tengah warna-warni taman bunga.

Tak sekedar itu, di atas lahan seluas kurang lebih 4.5 hektar itu, juga membentang persawahan hijau dan bangunan-bangunan joglo dan jembatan gantung dari bambu yang warnanya kontras dengan taman bunga celosia yang mengitari tugu.

Baca Juga:  Pemkot Yogya Buka Pelatihan Gratis untuk Pengangguran dan Difabel

Tentu saja, tugu di sini bukan bangunan tugu asli sebagaimana yang ada di pusat Kota Yogyakarta, melainkan miniatur bangunan yang dibuat mirip tugu pal putih.

Chief Marketing, A.H. Erlangga menjelaskan, miniatur tersebut sengaja dihadirkan sebagai daya tarik para pengunjung, yang setiap harinya bisa mencapai ribuan wisatawan.

“Di sini ada wahana taman, resto, embung, dan taman kelinci,” kata Erlangga kepada kabarkota.com, Sabtu (24/11/2018).

Dalam waktu dekat, lanjutnya, Puri Mataram juga akan membuka wahana kolam tangkap ikan, dan dilengkapi dengan kebun buah. Dengan tiket masuk Rp 10 ribu, pengunjung bisa berfoto ria di jembatan gantung dan 20 titik spot di taman bunga.

Baca Juga:  Jadwal Listrik Padam di DIY per 10 November 2018

Sedangkan di resto, penunjung bisa menikmati aneka menu masakan dan minuman “ndeso”, dengan harga yang relatif terjangkau, mulai Rp 4.000 per porsi hingga harga ratusan ribu untuk paket makan bersama.

Sementara di embung wahana mainan air yang bisa disewa termasuk oleh anak-anak. Begitu pun di taman kelinci yang bisa juga sebagai arena bermain sekaligus belajar anak-anak.

Ditambah Erlangga, Puri Mataram yang terletak Dusun Drono, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, DIY adalah milik BUMDes yang mayoritas pengelolanya dari warga setempat. Setiap harinya, Puri Mataram dibuka untuk umum, mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB.

Baca Juga:  UAJY Luncurkan Chinese Corner

Yani, salah satu wisatawan dari Dieng Jawa Tengah mengaku senang berkunjung di Puri Mataram karena ada taman bunga warna-warni yang menyejukkan mata, terlebih dengan harga yang relatif terjangkau.

Hanya saja, ia berharap, fasilitas seperti tempat berteduh, seperti gazebo di sekitar taman diperbanyak, sehingga saat cuaca panas maupun ketika hujan turun, pengunjung bisa berteduh dengan nyaman. (Rep-01)