10 Cara Hindarkan Anak dari Kecanduan Main Gadget

Ilustrasi (dok. istimewa)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan sehingga orang sering menyebutnya sebagai golden age.

Di masa ini, akan sangat bagus ketika anak diajari bagaimana bermain sembari bersosialisasi dengan keluarga, teman-teman, dan lingkungannya.

Hanya saja, seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi, anak-anak sekarang kecenderungannya justru sibuk sendiri dengan ainnya berupa gadget. Bahkan, tak sedikit pula yang akhirnya malah kecanduan dengan smartphone.

Padahal, selain “menjauhkan” anak dengan lingkungannya, kecanduan gadget juga tak cukup baik bagi kesehatan anak, sehingga sebaiknya para orang tua berpikir bagaimana agar anak-anak tak lagi kecanduan bermain gawai.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengerem agar anak-anak tak terlalu berfokus pada smartphone? 10 cara yang dilansir dari laman sayangianak ini bisa menjadi hal yang patut dicoba untuk menghindarkan anak dari kecanduan tersebut.

1. Berikan Batasan Waktu kepada Anak

Orang tua sebaiknya tegas dalam kemberikan batasan waktu kepada anak untuk bermain gadget. Dengan begitu, anak-anak memiliki cukup waktu untuk melakukan kegiatan lain, seperti bermain dan berinteraksi dengan lingkungannya.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN ITNY Rintis Desa Wisata Edukasi Kelistrikan di Kalasan

2. Berikan mainan alternatif

Bisa jadi anak kecanduan gadget karena memang tidak ada mainan alternatif yang diberikan oleh orang tua. Untuk itu, perlu bagi para orang tua untuk mulai memberikan mainan-mainan alternatif yang edukatif, sehingga mampu mendorong tumbuh kembang anak-anak sesuai usianya.

3. Luangkan Waktu untuk Anak-anak

Ini penting, karena lingkungan terkecil bagi anak-anak adalah keluarga. Jika tak ingin melihat anak kecanduan gadget, maka orang tua juga harus memberikan porsi waktu untuk berkomunikasi dengan mereka.

4. Biarkan Anak Bermain di Luar

Pada umumnya orang tua tak menginginkan si kecil bermain di luar rumah. Tujuan sebenarnya baik, karena untuk melindungi mereka dari hal buruk yang menimpanya.Namun tidak ada salahnya juga ketika orang tua memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bermain di luar, sehingga bisa melupakan gadgetnya.

Baca Juga:  Anak usia dini mengenal gadget, siapa takut?

5. Batasi Penggunaan Jaringan Internet di Rumah

Memasang jaringan internet di rumah, memberikan kemudahan akses bagi anak-anak untuk semakin kecanduan bermain HP. Maka tak heran anak-anak kemudian menjadi individualis karena lebih senang mengurung diri di kamar, ketimbang bermain dengan teman-temannya. Maka sarannya, gunakan internet seperlunya saja.

6. Sibukkan Waktu Kegiatan Anak

Semakin banyak waktu yang dimiliki anak-anak tanpa melakukan kegiatan, maka akan semakin besar peluangnya merasa bosan. Jika sudah begini, maka gadget menjadi pilihan “teman bermainnya”. Oleh karenanya, akan lebih baik ketika anak-anak disibukkan dengan kegiatan-kegiatan positif, seperti les.

7. Diskusikan pada anak-anak

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan kecanduan gadget adalah mendiskusikan kepada anak-anak. Jelaskan pada mereka, mengapa perlu membatasi penggunaan gadget. Katakan padanya bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk kebaikan mereka.

Selain itu, berikanlah pemahaman yang logis kepada mereka, jika sudah kecanduan gadget, maka akan banyak dampak negatif yang ditimbulkan, seperti: insomia, individualis yang nantinya akan menyulitkan kehidupannya di masa depan.

Baca Juga:  Resmikan Gedung Sekolah, Gubernur DIY Tekankan Tiga Komponen Pendidikan

8. Ajaklah Anak Bermain untuk Mengenali Alam Semesta

Meluangkan waktu untuk berjalan-jalan menikmati keindahan alam bersama anak-anak adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengalihkan mereka dari dunia maya. Tidak harus piknik, tapi bisa juga dilakukan misalnya dengan menikmati suasana sore di sekitar rumah, usai bekerja.

9. Berikan Semangat dan Penghargaan kepada Anak-anak

Memberikan semangat sekaligus penghargaan berupa hadiah-hadiah kecil yang menyenangkan, bisa menarik anak-anak untuk meninggalkan gadgetnya.

10. Ajaklah Anak Bersosialisasi dengan Teman Sebayanya

Menghabiskan waktu anak untuk bermain dengan teman-teman sebayanya, akan lebih berdampak positif untuk tumbuh kembangnya daripada berjam-jam memainkan jari di atas gadgetnya. (Ed-01)