3 Tips Hidup Sehat Jusuf Kalla di Usia 70-an Yang Mudah Dilakukan

Tips Hidup Sehat Jusuf Kalla di Usia 70-an

Wakil Presiden Jusuf Kalla ternyata mempunyai tips hidup sehat keluarga sehari-hari. Pola hidup sehat Jusuf Kalla ini ternyata sukses membawa Wapres yang kini berusia 77 tahun dan istrinya Mufida Kalla yang memasuki 76 tahun tetap aktif dan produktif.

Berikut penjelasan tips hidup sehat keluarga ini seperti dituturkan salah satu putri Jusuf Kalla, Muswira Kalla, berikut :

1. Rajin Berolahraga

Bapak dan ibu Jusuf Kalla rajin rajin melakukan olahraga makanya jalan keduanya masih cepat. Ibu malah sebetulnya jalan lebih cepat daripada bapak.

Menurut Muswira, ayahnya jalan kaki tiap hari yang kadang diselingi golf. Selama di padang golf, sang ayah sedapat mungkin jalan kaki daripada menggunakan mobil.

Baca Juga:  Bahaya, 4 Benda Terkotor yang Sering Anda Pegang

Sementara ibunya memilih senam osteoporosis 2 kali seminggu bersama teman-temannya. Menurut Muswira, senam sukses membantu sang ibu merasa lebih segar.

Jusuf Kalla juga kadang menyoroti perilaku masyarakat yang semakin kurang bergerak karena memiliki banyak asisten rumah tangga dan penggunaan teknologi dalam bermobilisasi dan memesan makanan.

“Makan saja tidak berkeringat, telepon saja Gojek datang, itu tidak bergerak,” katanya.

2. Menjaga Pola Makan

Selain olahraga, Muswira mengatakan orangtuanya juga menjaga asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Ibunya sedapat mungkin memasak sendiri untuk ayah sehingga bisa mengawasi langsung bahan, bumbu, kebersihan, dan kualitas makanan.

Baca Juga:  AJI Imbau Penerapan Jurnalisme Damai dalam Peristiwa Papua

Paling tidak, sambal yang menjadi pendamping makan sang ayah berasal dari olahan ibunya.

Jusuf Kalla juga pernah mengingatkan masyarakat untuk menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang. Pemerintah telah mengampanyekan “Isi Piringku” sebagai pengganti 4 Sehat 5 Sempurna sebagai panduan pola makan sehari-hari masyarakat yang disesuaikan dengan daerah masing-masing.

Di samping itu, Jusuf Kalla juga mengajak masyarakat agar meninggalkan kebiasaan yang buruk untuk kesehatan seperti merokok dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

2. Menjaga Suasana Hati

Tips lain adalah menjaga suasana hati selalu optimis dan positif. Muswira selalu mengingat pesan ayahnya untuk menikmati tiap langkah dalam hidup, serta selalu belajar dan rendah hati. Kehidupan dan pekerjaan harus dinikmati supaya mendatangkan manfaat dan bahagia.

Baca Juga:  Ini 5 Alasan Aliansi Jurnalis Independen Tolak Revisi UU KPK

“Tidak terlalu sulit selama kita jaga gerak, makan seimbang, tidur cukup, jangan stres, periksa kesehatan, lingkungan sehat,” tips keluarga Jusuf Kalla