Kecerdasan Anak Diwariskan Dari Gen Ibu Yang Cerdas Juga, Berikut Penjelasanya.

Kecerdasan Anak Ternyata Diwariskan Dari Gen Ibu

Di Cina, banyak orang yang merenungkan jawaban pertanyaan “apakah kecerdasan anak diturunkan dari ibunya?”, terlebih setelah munculnya sebuah artikel di Sina Weibo yang menyatakan bahwa genetik seorang ibu memiliki sebanyak tiga kali lipat pengaruh dalam menentukan kecerdasan anak dibandingkan dengan seorang ayah.

Untuk mengetahui lebih lajut apakah seorang anak akan menjadi cerdas atau tidak hanya dengan melihat kecerdasan ibunya. Sehingga untuk pria yang menganggap dirinya tidak cerdas, penting bagi mereka untuk menemukan seorang istri yang cerdas.

Namun apakah hal tersebut benar adanya? Mari kita lihat jawabannya berikut ini!

Kaitan antara kromosom X dan kecerdasan

Kecerdasan Anak Ternyata Diwariskan Dari Gen Ibu Yang Cerdas

Penjelasan yang diberikan pada artikel di atas adalah bahwa gen yang menentukan kecerdasan terletak di kromosom X (kromosom pembawa genetik perempuan). Namun, ia tidak mengutip studi ilmiah manapun untuk memberikan sumber apapun untuk setiap pernyataan.

Baca Juga:  Makanan Ini Bisa Turunkan Risiko Kematian Akibat Penyakit Jantung

Menurut Satoshi Kanazawa pada artikelnya, kecerdasan umum dikenal sangat diwariskan, dan gen yang mempengaruhi kecerdasan umum diperkirakan pada kromosom X.

Itu berarti bahwa anak laki-laki mewarisi kecerdasan umum mereka dari sang ibu saja, sedangkan anak perempuan mewarisi kecerdasan umum mereka dari ibu dan ayah mereka. Jadi, seharusnya wanita dapat lebih mempengaruhi kecerdasan umum dari generasi masa depan yang lebih tinggi daripada pria.

Xu Gelin, seorang dokter neurologi di Nanjing General Hospital of Nanjing Military Command, menekankan bahwa faktor keturunan genetik sangatlah rumit dan acak, dan bahwa baik ibu maupun ayah memiliki berbagai tingkat pengaruh genetik pada anak mereka.

Baca Juga:  Hari Musik Nasional, SID Kritik Musisi di Indonesia

“Misalnya, jika ibu memiliki IQ tinggi, dan ayah memiliki IQ rendah, anak mereka akan kemungkinan besar berada di tengah-tengahnya,” kata Xu.

Hal itu merupakan pernyataan kontradiksi dari apa yang dikatakan dalam Weibo, bahwa untuk mengetahui kecerdasan anak salah satu yang diperlukan adalah melihat ke ibu. “Tentu saja, hal itu juga diakui dengan baik bahwa seorang anak yang kedua orangtuanya memiliki IQ tinggi umumnya akan cukup pintar.”

Faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan anak

Gen kecerdasan sebetulnya ada pada setiap orang, tetapi gen laki-laki seolah-olah di-non aktifkan oleh gen kecerdasan dari ibu. Bukti lain dari studi yang dilakukan oleh Medical Research Council Social dan Public Health Science Unit terhadap 12.686 orang berusia 14 hingga 22 tahun.

Baca Juga:  Peneliti Pustral UGM: Ojek Online itu Solusi Sementara

Pertanyaan yang diajukan berfokus pada IQ, ras, pendidikan dan status sosial-ekonomi. Dari serangkaian pertanyaan, disimpulkan bahwa prediktor terbaik dari kecerdasaannya adalah IQ ibu mereka.

Tapi, para ayah gak perlu kecil hati. Meski gen kecerdasan lebih condong diwariskan dari para ibu, para ayah tetap punya andil kok dalam pembentukan karakter fisik anak.

So, jadilah perempuan-perempuan cerdas berkarakter ya, agar bisa menghasilkan anak-anak yang membanggakan.