3 bocah suriah bernasib tragis yang jadi viral dunia

omran Daqneesh, Bocah usia 5 tahun asal Suriah ini mendadak menjadi perbincangan dunia setelah foto dan videonya yang memilukan tersebar di jejaring sosial. (dok. istimewa)

(kabarkota.com) – Masa kanak-kanak seharusnya menjadi saat-saat yang penuh keceriaan di antara keluarga dan teman-teman di lingkungannya. Namun sayangnya, tidak semua bocah bisa merasakan kebahagiaan itu. 

Di daerah perang misalnya, anak-anak justru menjadi sasaran empuk hingga menjadi korban kejamnya perebutan kekuasaan di suatu wilayah, seperti Suriah. Akibatnya, tak hanya kehilangan masa indah, anak-anak korban peperangan di Suriah juga sering mengalami kisah pilu.

Seiring berkembangnya media sosial di berbagai penjuru dunia, potret pilu anak-anak tak berdosa itu pun tak luput dari perhatian dunia hingga menjadi viral karena mampu mengaduk-aduk emosi masyarakat, khususnya di dunia maya.

Berikut tiga bocah Suriah yang menjadi viral dunia, dari berbagai sumber:

1. Omran Daqneesh

 omran

Bocah usia 5 tahun ini mendadak menjadi perbincangan dunia, akhir-akhir ini setelah foto dan video yang menggambarkan tubuhnya penuh debu dan darah terduduk kebingungan di dalam mobil ambulance beredar luas di berbagai jejaring sosial. 

Omran adalah satu dari sekian banyak korban kekejaman perang di Aleppo yang berhasil diselamatkan tim kemanusiaan dari puing-puing bangunan, setelah serangan berdarah di Aleppo, pada 18 Agustus 2016 lalu.

Bahkan, kondisi Omran yang sangat memprihatinkan itu membuat seorang jurnalis tak kuasa menahan tangis saat menyiarkan gambar tersebut di layar kaca.

2. Aisha

aisha

Bocah perempuan asal Suriah yang menangis histeris saat bertemu polisi di jalanan Turki ini, pada akhir November 2015 lalu juga sempat mencuri perhatian dunia.

Dalam gambar dan rekaman video yang beredar, Aisha yang ketika itu masih berusia sekitar 5 tahun terlihat saat ketakutan hingga menangis histeris dan memeluk seorang warga di jalanan, karena berpapasan dengan polisi saat dirinya tengah menjual tisu untuk membantu orang tuanya.

Meski polisi tersebut berusaha untuk menenangkannya, Aisha tetap menangis ketakutan seraya memohon ampun berkali-kali agar dirinya tak dilarang berjualan.

3. Alyan Kurdi

alyan

Bocah tiga tahun ini adalah imigran asal Suriah yang jasadnya ditemukan terdampar di pantai Bodrum Turki, pada awal September 2015 lalu, dalam posisi tengkurap menghadap laut.

Gambar jasad gadis belia berbaju merah serta celana pendek dan bersepatu ini sontak menjadi sorotan dunia karena nasib tragis yang dialaminya saat hendak mencari perlindungan dan kedamaian di negara lain. (Rep-03/Ed-03)