3 Kebun Binatang Mini ala Pedesaan ini ada di Sleman

Salah satu koleksi satwa di Bhumi Merapi Sleman (dok. kabarkota.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – Kebun binatang menjadi area rekreasi keluarga yang banyak dikunjungi, utamanya saat musim liburan tiba. Selain mendapatkan hiburan dari tingkat beragam satwa yang lucu dan menggemaskan, anak-anak juga bisa sekaligus belajar mengenal satwa.

Di Yogyakarta, kalau orang ingin melihat anek ragam satwa, harus datang ke Kebun Binatang Gembira Loka yang letaknya di tengah kota.

Tapi itu dulu, ketika belum ada kebun-kebun binatang mini yang dihadirkan sebagai wahana rekreasi sekaligus edukasi satwa, dengan konsep eco wisata ala perkampungan.

Di Sleman, misalnya, setidaknya ada tiga kebun binatang mini yang bisa menjadi alternatif tempat rekreasi keluarga maupun rombongan anak-anak yang ingin belajar satwa sambil bermain di sana.

1. Agro Wisata Bhumi Merapi

Agro Wisata Bhumi Merapi ini terletak di jalan Kaliurang KM 20 atau tepatnya dusun Sawungan, desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DIY.

Meski konsepnya agro wisata namun wahana edukasi keluarga, ini juga dilengkapi dengan kebun binatang mini, seperti taman kelinci, taman kambing perah, dan0 taman reptil. Tak sekedar melihat, para pengunjung juga bisa bercengkrama langsung dengan hewan-hewan lucu tersebut. Obyek wisata ini buka setiap hari, mulai pukul 08.30 – 17.00 WIB.

2. Mini Zoo Jogja Exotarium Education Center

Sesuai namanya, kebun binatang mini satu ini baru berdiri pada 23 Desember 2017 lalu. Di atas lahan sekitar 9 hektar ini, para pengunjung disuguhi berbagai wahana edukatif tentang satwa yang bahkan tak hanya bisa dilihat di dalam kandang saja, tetapi sebagian juga bisa diajak berinteraksi dan bercengkrama.

Anjungan, wahana, dan fasilitas untuk pengunjung yang ada di Jogja Exotarium, antara lain berupa edukasi satwa reptil, berbagai jenis hewan noktunal, kelinci, rusa, kancil, dan kuda. Ada juga edukasi budidaya ternak sapi dan kambing PE, serta edukasi budidaya ikan produksi, ikan hias, dan maskot.

Obyek wisata yang terletak di Jalan Magelang Km. 8, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DIY atau sekitar 500 meter selatan pusat kota Sleman ini juga uka setiap hari, mulai pukul 08.30 WIB – 17.00 WIB.

3. Kampung Satwa Kedung Banteng

Kampung satwa ini terletak di Sleman bagian Barat, tepatnya di dusun Kedung Banteng, Desa Sumberagung, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DIY.

Berbeda dengan kebun binatang pada umumnya yang “dijauhkan” dari pemukiman warga, kampung satwa justru berada di tengah-tengah perkampungan.

Di tempat ini, para pengunjung akan menjumpai beragam satwa, sepertu aneka reptil, aneka musang, aneka ikan sidat, kelinci, kambing, dan peternakan sapi.

Para pengunjung juga dipersilakan berinteraksi langsung maupun bermain dengan satwa-satwa tersebut, dengan pendampingan dari pengelola.

Nah, kalau akhir pekan ini masih bingung mau jalan-jalan ke mana, yuks ajak keluarga ke kebun binatang mini di Sleman. (Rep-01)