4 Rumah Sakit di DIY jadi Rujukan Penanganan Virus Corona

Jumpa Pers Masalah Corona di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (5/3/2020). (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menambah jumlah rumah sakit rujukan untuk penanganan virus corona (Covid19) di DIY. Jika sebelumnya dua rumah sakit telah ditunjuk sebagai rujukan, yakni RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dan RSUD Panembahan Senopati Bantul, maka sekarang bertambah dua rumah sakit lagi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembajun Setyaningastutie menyebutkan, kedua rumah sakit yang dimaksud adalah RSUD Wates di Kulon Progo, dan RSUD Wonosari di Gunung Kidul. Namun, dalam draft terbaru, RSUD Wonosari akan digantikan oleh RSUD Jogja.

Baca Juga:  Presiden Singapura dan Sultan HB X Bertemu di Keraton Yogya, Ini yang Dibicarakan

“RSUD Jogja (ditunjuk) karena rumah sakit rujukan regional di DIY,” jelas Pembajun dalam jumpa pers Masalah Corona di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (5/3/2020).

Menurutnya, ada beberapa pertimbangan ditunjuknya empat rumah sakit tersebut menjadi rumah sakit rujukan penanganan Covid19. Pertama, ketersediaan ruang isolasi. Kedua, ketersediaan SDM, terutama dokter spesialis paru. Ketiga, jenis pelayanan yang selama ini sudah mereka lakukan.

Dokter Konsultan Paru RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Ika Trisnawati menambahkan, dengan bertambahnya jumlah rumah sakit rujukan di DIY, maka pasien yang dirujuk tidak harus dibawa ke RSUP Dr. Sardjito. Melainkan ke rumah sakit terdekat.

Baca Juga:  Tak ingin Mengantuk saat Bekerja? Hindari Lima Kebiasaan ini
RSUD Jogja (dok. Kabarkota.com)

Sementara dihubungi terpisah, Direktur Utama (Dirut) RSUD Jogja, Ariyudi Yunita mengaku, pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan secara resmi dari Kemenkes RI terkait penunjukan tersebut.

“Besok baru akan kami koordinasikan,” ucap Ariyudi kepada kabarkota.com. (Sutriyati)