4 Tongkrongan untuk Vegetarian di Yogya

Ilustrasi (panduanwisata.id)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – sebagai salah satu surga bagi wisata kuliner, warung makan di Yogyakarta bertebaran di mana-mana dengan berbagai menu yang ditawarkan. Namun begitu, tidak banyak yang menyajikan menu-menu khusus bagi para vegetarian.

Tapi jangan khawatir, meski jumlahnya tak banyak, namun setidaknya ada empat rumah makan di Kota Gudeg ini yang bisa dikunjungi para penikmat vegetarian. Di mana sajakah? Ini dia, 4 tongkrongan untuk para vegetarian di Yogyakarta, seperti dilansir Ensiklopedia Indonesia:

1. Loving Hut Vegan Cuisine

Loving Hut merupakan jaringan vegan restaurant yang sudah memiliki cabang di 21 negara di seluruh dunia dengan lebih dari 230 restoran. Semua bahan makanan di Loving hut diolah dari soya dan jamur, bebas dari telur dan susu, dan tanpa MSG. Loving juga mengandalkan bahan makanan organik seperti beras dan sayur-sayuran yang dipakai. Anda bisa mengunjungi Loving Hut di Jl. Moses Gatotkaca No. 18 A Mrican – Gejayan – Yogyakarta

Baca Juga:  Hottang, Camilan Kekinian ala Korea yang lagi Hits di Yogya

2. Griyo Dahar Jasmine

Tempat makan yang buka sejak Maret 2009 lalu ini berada di Jalan Janti Gg. Johar No. 230 Yogyakarta. Sesuai namanya, Griyo Dahar Jasmine 2, rumah makan ini memang berkonsep layaknya makan di rumah sendiri. Untuk menu yang paling favorite disini adalah jamur crispynya. Griyo Dahar Jasmine sendiri buka dari pukul 10.00 hingga malam.

3. Milas Vegan

Baca Juga:  Ini Tempat Wisata "Sandboarding" di Yogyakarta

Milas Vegan merupakan vegan resto yang memiliki konsep café kebun. Tempatnya sangat nyaman dengan pohon-pohonnya yang rindang serta sejuk. Milas Vegan berada di kawasan Prawirotaman atau sering disebut sebagai kampung bule karena banyaknya penginapan-penginapan yang sering dijadikan tempat menginap oleh wisatawan asing. Milas Vegan tak hanya menyediakan menu Indonesia saja, beberapa diantaranya juga ada western menu mengingat kebanyakan pengunjungnya adalah wisatawan asing. Milas Vegan buka mulai jam 3 sore (weekday) / 12 siang (weekend) – 9 malam.

4. Lusidus Vegetarian Yogyakarta

Lusidus adalah tempat Vegetarian yang berada di Komplek Ruko Babarsari Yogyakarta. Meskipun hanya menyediakan makanan nabati dan vegetarian yang tidak mengandung unsur hewan dan daging-dagingan, namun menu olahan yang disediakan di Depot Lusidus ini lengkap dan bervariasi.
Makanan yang di sediakan disini tidak murni vegan karena dalam pengolahan beberapa makanannya masih menggunakan telur. Namun apabila pengunjung tidak ingin telur, makanan juga dapat diolah tanpa telur.

Baca Juga:  Liburan Panjang, Berapa Pendapatan Tukang Becak dan Kusir Andong di Malioboro?

Nah, untuk yang selama kesulitan nemuin menu-menu vegetarian di Yogyakarta, gak ada salahnya untuk menyempatkan diri berkunjung ke sana. (Rep-03/Ed-03)