5 sisi Negatif Facebook yang Penting Diketahui

0
1

Ilustrasi (ibtimes.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Siapa tak kenal Facebook? Situs jejaring sosial yang digunakan ratusan juta orang di dunia ini begitu digandrungi termasuk oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Media Sosial satu ini memang bisa menjadi sarana untuk mempertemukan teman lama yang sudah bertahun-tahun tidak bersua. Tak hanya sampai di situ, jejaring yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini juga memicu penggunanya untuk lebih intim dengan pengguna lainnya. Seperti update film, musik, komentar tentang politik, dan hal-hal yang lain bersifat pribadi. Tak heran jika Facebook menjadi salah satu situs jejaring sosial yang merajai di dunia maya.

Namun, di balik keunggulan itu, Facebook membawa dampak negatif bagi para penggunanya jika tidak dimanfaatkan. Apa saja sisi buruknya? Berikut lima hal negatif Facebook seperti dikuti brilio.net yang penting untuk diketahui:

1. Buang-buang waktu

Berdasarkan sebuah penelitian, rata-rata pengguna facebook aktif membuka situs ini 18 menit perhari. Bahkan di Indonesia, para user bisa melakukan lebih dari durasi rata-rata tersebut.

2. Tempat jualan online
Selain sebagai sarana pertemanan, Facebook kini juga banyak dimanfaatkan untuk jualan online. Parahnya, timeline akun ini merupakan papan iklan gratis. Termasuk, iklan dari Facebook sendiri yang cukup mengganggu.

3. Tidak bagus untuk kesehatan
Apa hubungannya Facebook dan kesehatan? Ternyata, postingan dalam akun jejaring ini bisa mempengaruhi pola tidur dan kebahagiaan. Hal itu terjadi karena para user hanya aktif untuk update status baik dari dirinya maupun temannya. Selain itu terlalu sering akses Facebook bisa membunuh kreativitas.

4. Tidak tahu berteman dengan siapa
Ketika dicek ulang, banuak teman-teman di facebook yang sebenarnya tidak dikenal oleh pemilik akunnya. Hal ini sesuai dengan hasil temuan dari sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang dewasa tidak mengenal teman mereka sebanyak 10% di akun jejaring ini.

5. Tidak ada ruang privasi
Bayangkan berapa banyak hal pribadi yang diposting pemilik akun di jejaring sosial satu ini. Mulai dari anggota keluarga, buku yang dibaca, jenis musik yang disukai dan sebagainya. Jadi, disadari atau tidak, sudah banyak privasi yang diumbar di ruang publik melalui Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here