Ini 6 Spot Menarik di Kaliurang

Ilustrasi (inilahtempatwisata.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Siapa tak kenal obyek wisata Kaliurang? Wisata alam yang terletak di sisi utara Yogyakarta tersebut manjadi daya tarik tersendiri bagi para turis, baik domestik maupun manca negara.

Seiring dengan tingginya tingkat kunjungan wisata di kawasan ini, maka Pemerintah Daerah pun mempercantik obyek wisata berbasis pegunungan itu dengan berbagai fasilitas pendukung. Termasuk, spot-spot menarik yang layak dijelajahi saat bertamasya di kaki Gunung Merapi ini. Berikut 6 spot menarik di Kaliurang versi Ensiklopedia Indonesia:

1. Taman Wisata Plawangan Turgo

Bagi wisatawan yang menyukai lintas Alam, Bukit Plawangan Turgo bisa menjadi pilihan yang menarik. Sambil berjalan menikmati sejuknya udara pegnungan, anda akan disuguhkan eksotisnya hutan tropis yang tertata rapi serta terdapat bebatuan hasil letusan Merapi, gunung berapi yang berusia mencapai 40 ribu tahun.

Baca Juga:  Penderita Tembus 324 Orang, Sleman KLB Demam Berdarah

Dari tempat ini pula, pengunjung dapat menyaksikan area atau kawasan yang pernah diterpa awan panas Merapi pada bulan November 1994 silam. Sekaligus, menyaksikan kawanan monyet yang juga hidup di taman ini.

2. Tlogo Putri

Tlogo Putri terletak di kaki bukit Plawangan Turgo. Tlogo Putri bisa dibilang sebagai perpaduan wisata alam dan wisata air yang disukai banyak wisatawan yang datang ke Kaliurang. Pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk dan segar, tenang, sambil menikmati sejuknya air pegunungan. Selain bermain air, wisatawan juga bisa bermain flying fox atau hanya sekedar berfoto-foto dan menikmati panorama alam sekitar.

Baca Juga:  Persiapan Penting Backpacker Pemula yang Mau Berwisata ke Luar Negeri

3. Gardu Pandang

Gardu Pandang merupakan pos pengamatan Gunung Merapi yang juga menjadi salah satu tempat menarik di Kaliurang. Di sini, wisatawan bisa melihat Gunung Merapi dengan jelas meskipun kadang tertutupi awan dan menikmati pemandangan alam kawasan Kaliurang yang begitu asri.

4. Museum Vulkanik Merapi

Di Museum Vulkanik Merapi, terdapat berbagai informasi yang berkaitan dengan letusan Gunung Merapi. Di museum ini, pengunjung dapat mengetahui asal mula proses terjadinya letusan hingga saat letusan terjadi, seperti sisa-sisa benda yang hancur akibat hebatnya letusan merapi. Museum Vulkanik Merapi ini terletak di Jl. Boyong Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

5. Goa Jepang

Goa Jepang merupakan peninggalan tentara Jepang yang pada masa itu menjadikan goa ini sebagai tempat berlindung dari serangan sekutu serta menjadi tempat tinggal sementara mereka. Pesona unik goa ini adalah terdapat 25 pintu goa yang saling terhubung satu dengan lainnya dalam kondisi yang orisinil.

Baca Juga:  PASTHY: Pasar Flora Fauna bak Kebun Binatang Mini di Yogya

6. Taman Bermain Anak-anak

Wisata Kaliurang menyuguhkan sebuah kawasan taman bermain seluas 1 hektar bagi anak-anak. Di taman bermain ini, tersedia beberapa permainan anak-anak, seperti ayunan, mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Taman ini memiliki tanaman yang rindang, menghadirkan keteduhan bagi setiap orang yang singgah untuk berekreasi di sana. (Rep-03/Ed-03)