6 Tips Menghindari Kejahatan di Bulan Ramadhan

Ilustrasi (sumber: sinarharapan.co)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Bulan suci Ramadhan menjadi waktu bagi umat Islam melaksanakan ibadah puasa dan salat tarawih sebulan penuh. Karenanya, hampir setiap malam, keluarga muslim akan meninggalkan rumah-rumahnya untuk pergi ke masjid di malam hari.

Di sisi lain, perilaku kejahatan masih saja menjadi ancaman meski pun di bulan suci. Salah satunya, mengincar rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya. Bisa juga memanfaatkan situasi di jalanan.

Baca Juga:  Pimpinan Baru DPD KAI DIY Terpilih, ini Tantangan yang Dihadapi

Nah, untuk menghindarinya, ini enam dari Kapolsek Gondomanan Yogyakarta, Heru Muslimin, agar aman dari tindak kejahatan di bulan Ramadhan:

1. Ketika hendak salat tarawih di masjid, pastikan rumah kondisi terkunci dan kompor di dapur dalam keadaan padam. Ini penting, untuk menghindari kemungkinan terjadinya pencurian atau kebakaran.

2. Saat bepergian dengan sepeda motor, sebaiknya tas yang berisi barang berharga tidak dicangklong di lengan, guna mengantisipasi jambret

Baca Juga:  Dialog dengan Siswa, Jokowi: Kok Belajarnya Sedikit Semua?

3. Hati hati jika ada orang menelpon dengan mengatasnamakan pejabat atau mengabarkan ada keluarga kecelakaan, atau bahkan mengajak investasi arisan

4. Hati hati bila transaksi dengan uang kertas untuk menghindari peredaran uang palsu

5. Jangan mudah menerima minuman dari  orang yang belum dikenal.

6. Hindari minum minuman keras, sebab minuman keraas bisa menjadi pemicu seseorang untuk melakukan tindak kejahatan.


SUTRIYATI

Baca Juga:  12 Tips Menghemat Listrik dan Energi