7 Langkah agar Rambut Hijabers tak Mudah Rontok

Ilustrasi (sumber: m.clear.co.id)

JAKARTA (kabarkota.com) – Menjadi hijabers kini tak sekedar untuk menutupi aurat bagi perempuan, melainkan juga mengikuti mode yang sedang nge-trend.

Tapi di balik itu, ada juga kekhawatiran sebagian hijabers karena takut rambut menjadi mudah rontok dan berketombe. Untuk menghindari permasalahan itu, berikut tujuh langkah sederhana yang bahkan bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke salon kecantikan.(Baca juga: Lima Kondisioner Alami untuk Rambut Berkilau)

1.Sisir Rambut Sebelum Mandi
Rapikan rambut terlebih dahulu menggunakan sisir yang lebar untuk menguraikan kusut sebelum mandi. Sisir lebar akan menguraikan rambut yang menggumpal tanpa harus menarik paksa.

Baca Juga:  Wabah Virus Corona, Dinkes DIY Belum Kantongi Data Warga Yogya di Natuna

2.Rutin Keramas
Rutin mencuci rambut ini penting untuk menstabilkan kulit kepala sehingga mencegah kerontokan dan timbulnya ketombe. Jika jarang keramas, maka rambut lebih cepat berminyak karena selalu ditutup setiap beraktivitas. Minyak ini lah yang menjadi biang berketombe.

3.Keringkan Secara Natural
Setelah mencuci rambut, keringkan secara natural, dengan bantuan handuk. Jika terburu-buru, bisa juga menggunakan hair dryer tapi diatur dengan temperatur yang tidak terlalu panas.

Baca Juga:  Forpi pantau Implementasi Kawasan Tanpa Rokok di Kota Yogya, Ini Hasilnya

4.Pilih Ciput yang Nyaman
Ciput berguna agar jilbab tidak murah berantakan. Agar rambut tetap bisa bernapas ketika beraktivitas sebaiknya gunakan ciput yang nyaman dan menyerap keringat. Misalnya saja menggunakan ciput bahan katun. Selain itu, hindari memakai ciput yang terlalu ketat.

5.Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Hindari mengikat rambut terlalu kencang karena bisa membuatnya sulit 'bernapas'. Rambut juga butuh sirkulasi udara untuk menjaga kesehatan akarnya yang bisa mempengaruhi kerontokan. Sebaiknya jilbab dilepas saat sedang ada waktu beristirahat seperti ketika jam makan siang atau salat.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan di Tengah Corona, PDM Kota Yogya: Anggap ini sebagai Musibah

6.Mengonsumsi Makanan Sehat
Makanan sehat ternyata tidak hanya bagus untuk tubuh tapi juga perawatan rambut. Jadi, jika ingin mempunyai rambut sehat maka harus dimulai dengan diet yang seimbang. Sebab, diet makanan sehat penting untuk  kesuburan rambut.

7.Masker Rambut Secara Teratur
Lakukan masker rambut secara teratur. Ini berguna untuk merilekskan kepala serta menghindari rambut kusut. (wolipop)