7 Pasien Covid di DIY Sembuh, Mayoritas dari Klaster Pasar Ikan

Ilustrasi : Rapid tes massal di salah satu mall di kota Yogyakarta (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menyebut tak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, pada Senin (22/6/2020). Bahkan, beberapa diantaranya justru dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berti Murtiningsih mengatakan, ada tujuh pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan mayoritas dari klaster pasar ikan.

Baca Juga:  Tarif Parkir di Malioboro Mahal jadi Viral, Ini Penjelasan Pemkot Yogya

“Kasus positif yang dilaporkan sembuh, dengan hasil laboratorium 2 kali negatif secara berturut turut,” jelas Berti, Senin (22/6/2020).

Dari tujuh pasien tersebut, lima diantaranya pasien dari Gunung Kidul, satu pasien dari Bantul, dan satu pasien asal Sleman. Adapun jumlah sampel yang diperiksa sebanuak 153 sampel di laboratorium BBTKLPP, dan FK UGM. Sedangkan jumlah orang yang diperiksa 139 orang.

Dengan demikian, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY sebanyak 288 orang, dan pasien yang telah dinyatakan sembuh 238 kasus.

Baca Juga:  Kebisingan Lalu-Lintas Tingkatkan Resiko Kematian

Sementara di Kota Yogyakarta, Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Heroe Poerwadi mengungkapkan, dari 10 kasus positif di kota Yogya, delapan diantaranya berasal dari riwayat kontak luar kota, seperti Jakarta, Bandung. Surabaya, Solo, Madura dan Sukabumi.

Sementara, kata Heroe, potensi Yogyakarta adalah kehadiran dan mobilitas antar kota. Artinya, ancaman Covid-19 akan terus selalu ada.

“Maka, satu-satunya cara pencegahan yang paling balik adalah semua tempat, semua orang dimanapun harus menjalankan semua protokol covid 19,” ucap Wakil Walikota Yogyakarta ini. (Rep-01)

Baca Juga:  Mau Ngangkring sambil Baca Buku? di Sini Tempatnya