7 Tempat Nongkrong Asyik di Yogya sambil Baca Buku

Ilustrasi (cosmopolitan.co.id)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Sebagai Kota Pendidikan, tak lengkap rasanya kalau Yogyakarta tak memiliki ruang baca yang memadahi bagi publik. Umumnya, setiap kali ingin baca buku sembari menikmati suasana berbeda, masyarakat datangnya ke perpustakaan-perpustakaan.

Tapi, bukan Yogyakarta namanya kalau tak kreatif. Julukan Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan ataupun Kota Pelajar ternyata menjadi peluang bisnis tersendiri bagi para pelaku usaha di bidang kuliner, sebab selama ini, Yogyakarta juga dikenal sebagai ‘surga’ bagi pemburu wisata kuliner.

Dengan memadu-padankan dua hal itu, kini di Yogyakarta setidaknya ada tujuh kafe yang dikonsep dengan book cafe yang tak hanya asyik buat nongkrong bareng-bareng, tapi juga sekaligus baca-baca buku. Mau tahu tempatnya di mana?

Ini dia tujuh kafe berkonsep book cafe yang ada di Kota Gudeg, versi Jogjalan.com:

1. Dongeng Kopi & Indiebook

Cafe yang berlokasi di jalan Wahid Hasyim No. 3, Gorongan, Depok, Sleman ini menjadi tempat yang asyik untuk baca buku sembari menikmati kopi.

Denganbalutan mural yang menghiasi tiap sudut, kafe ini merupakan bagian dari kantor penerbitan (Indie Book Corner).

Di sini pengunjung bisa menikmati berbagai jenis kopi nusatantara. Bahkan, pada jam 8-12 siang, Dongeng Kopi menawarkan pengunjung untuk mencoba membuat kopi sendiri, tentunya dengan pendampingan dari barista handal. Kafe ini buka setiap hari, dari jam 8 pagi sampai jam 2 pagi.

Di kafe ini juga tersedia beragam buku yang bisa dibaca di tempat ataupun dibeli dengan harga terjangkau. Bagi yang hobi menulis, pihak kafe juga memfasilitasi dengan dibukanya kelas menulis bagi pengunjung yang berminat. Asyik kan? 

2. Roti Papi

Kafe selanjutnya adalah Roti Papi yang berada di Jalan Gejayan, Gg. Bougenville No. 1 (daerah Selokan Mataram), lebih tepatnya di dekat Kedai Kopi. tempat ini menawarkan makanan enak dengan harga terjangkau. Menunya meliputi makanan Italia, Belanda dan Asia—termasuk Indonesia.

Jika datang ke sini, pengunjung umumnya tak akan mengira bahwa bangunan berlantai dua yang menyerupai kos-kosan ini merupakan tempat makan, sebab tempat makan satu ini mengambil konsep book café. Jadi, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman sembari membaca buku yang kebanyakan didominasi buku bahasa Inggris.

Roti Papi sendiri menjadi satu kesatuan dengan And/Or Bookstore sehingga buku-buku di sini juga bisa dibeli. Tak hanya itu, pengunjungpun bisa melihat-lihat koleksi baju lucu di mini butik yang juga ada di Roti Papi.

Selain penuh buku yang bisa dibaca dengan tempat cozy, pengunjung juga bisa menikmati makanan yang enak lho. Salah satu rekomendasi di sini adalah Roti Papi yaitu roti pita dengan isian daging, sayur dan saos yang memanjakan lidah dan perut.

Keunikan lain dari kafe di Yogyakarta yang satu ini adalah pemiliknya yang asli Belanda tapi bisa berbicara bahasa Indonesia dengan sangat lancar. Bahkan, yang mengejutkan, dia bisa berbahasa Jawa! Pengunjung bisa datang untuk mencicipi makanan dan membaca buku di sini setiap hari Senin sampai Sabtu sekitar jam 12 siang sampai 10 malam.

3. Luk Coffee and Book

Di Luk Coffee and Book ini, pengunjung akan menemukan buku dan kopi di sini. Kafe satu ini memang mengambil konsep perpustakaan dengan koleksi buku yang cukup banyak, mulai dari buku politik, agama dan juga novel. Terletak di Jalan Tantular (Pringwulung), tempat ini tergolong asyik untuk nongkrong, dari jam 1 siang sampai 12 malam

4. Blanco Coffee & Books

Kafe satu ini terletak di Jalan Kranggan No. 30, Yogyakarta. Blanco Coffee & Books juga menawarkan tempat nongkrong ditemani buku dan kopi.

Koleksi buku yang bisa dinikmati di sini cukup banyak dan didominasi buku bahasa Inggris. Nah, konsep book café inilah yang membuat Blanco Coffee & Books tak pernah sepi pengunjung.

Salah satu kafe di Yogyakarta ini menempati bangunan dua lantai dan menawarkan berbagai kopi dengan kualitas terbaik dan harganya pun terjangkau terutama untuk kalangan anak muda. 

Croissant yang dikenal renyah di luar dan lembut di dalam adalah salah satu makanan favorit di Blanco Coffee & Books yang cocok untuk menemani minum kopi. Pengunjung bisa menikmati hari di sini setiap hari (kecuali Senin) mulai dari jam 1 siang sampai 1 malam.

5. Lir Shop

Lir Shop adalah sebuah tempat dengan konsep toko buku, curiosity shop, restoran dan galeri seni kecil. Tempat yang berkesan rumahan ini bisa kalian temukan di Jalan Anggrek 1/33, Baciro, Yogyakarta. Tempat ini wajib bagi pecinta buku yang doyan nongkrong,

Nama Lir sendiri menggabungkan konsep dari kata Lire (dalam bahasa Perancis berarti to read) dan Lair (dalam bahasa Inggris berarti a hideway place). Jadi, sesuai dengan namanya yang berarti a hideway place to read, tempat yang memang sedikit tersembunyi ini memang cocok bagi kalian yang ingin ‘bersembunyi’.

Pengunjung pasti akan menemukan ketenangan dari kepenatan sejenak dengan menikmati makanan dan minumanhomemade ditemani buku-buku apik untuk dibaca. Kalau ingin surfing di dunia maya, Lir Shop juga menyediakan wifi.

Koleksi bacaan di Lir Shop sendiri cukup banyak tapi hanya setengah dari koleksi pemilik yang bisa dibaca di tempat. Beragam buku dari berbagai genre bisa dijadikan tempat menikmati hari, seperti komik, majalah, buku seni, filosofi, psikologi, novel fiksi dan juga sastra.

Keunikan Lir Shop selain konsepnya yang memadukan beberapa hal jadi satu adalah makanan yang ditawarkan. Dengan konsep where fiction and reality mingle, pengunjung bahkan bisa menikmati makanan seperti yang ada dalam buku-buku, seperti butterbeer a la Harry Potter, limun jahe dan sandwich dari seri Lima Sekawan dan sebagainya.

Keunikan konsep Lir Shop lainnya juga terlihat dari buku menu yang mirip peta petualangan dari dongeng.Jika tertarik datang ke sini, datanglah setiap hari Selasa-Minggu sekitar jam 10 pagi-8 malam. Suasana cozy dan tak biasa siap memanjakan kalian. Jika beruntung, kalian juga bisa menikmati pameran seni juga di sini.

6. Break Resto and Coffee

Kafe lain yang menawarkan buku-buku sebagai teman menikmati kopi adalah Break Resto and Coffee. Kafe di Yogyakarta yang satu ini bisa kalian temukan di Jalan Ring Road Utara, Ruko Casa Grande No. 108, Sleman.

Dengan interior menarik dan tempat nyaman untuk nongkrong, dijamin pengunjung betah di sini, sebab akan dimanjakan dengan aneka kopi dan minuman lain yang bisa dinikmati.

Selain itu, menu makanan Jerman dan Eropa cukup menarik untuk mengisi perut. Tak perlu khawatir masalah harga karena tak akan menguras kantong kok.

Ditemani musik-musik pop, blues danjazz yang diputar, Break Resto and Coffee cocok untuk melepas rasa penat akibat kegiatan sepanjang hari. Dan yang pasti, bangunan dua lantai ini menawarkan buku untuk dibaca di sini. Jika berniat mengerjakan tugas, kafe satu ini juga menyediakan wifi kok.

7. Coffee and Read

Last but not least, satu lagi kafe di Yogyakarta yang bisa dijadikan tempat nongki asyik sembari baca buku. Terletak di Jalan Tasura 34B, Paingan, Maguwoharjo, Sleman, Coffee and Read menjadi salah satu kafe di Yogyakarta berkonsep book café. Di tempat yang buka dari jam 3 sampai 11 malam ini, kalian bisa menikmati buku-buku berkelas mulai seperti novel dengan koleksi yang lumayan banyak.

Tak hanya itu, berbagai pilihan kopi nusantara dan minuman lain bisa dijadikan teman yang cocok untuk melepaskan kepenatan. Jika lapar, varian makanan mulai dari spageti, nasi goreng, sampai makanan ringan seperti french fries bisa dipesan. Wifi pun tersedia di Coffee and Read—siap memfasilitasi kalian menjelajah dunia maya. (Rep-03/Ed-03)