84 persen warga kota Yogya ter-cover BPJS Kesehatan

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengklaim, sekitar 84 persen atau 344.121 warga kota Yogyakarta saat ini telah tercover program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jumlah tersebut, termasuk kategori Penerima Bantuan Iuran di Kota Yogyakarta yang mencapai 114.647 orang.

Menurutnya, guna mempercepat peningkatan cakupan JKN secara keseluruhan, pihaknya juga membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang didanai dengan APBD Kota Yogyakarta.  Mengingat, program Jamkesda yang ada selama ini, pengguna bisa mendapatkan layanan ketika berada di daerahnya sendiri.

Baca Juga:  Pemeliharaan jaringan, Ini sejumlah Titik Pemadaman Listrik di DIY

 “Kami terus berupaya untuk meningkatkan koordinasi, konsolidasi, dengan seluruh stake holder terkait sehingga Pemerintah Kota Yogyakarta mampu menjawab keluhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang saat ini semakin kompleks”, kata Haryadi seperti dilansir laman Pemkot Yogyakarta, baru-baru ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Hadi Mohctar, menambahkan, warga miskin yang merupakan Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari pemerintah, bisa memperoleh pelayanan kesehatan di semua Yankes yang bekerjasama BPJS kesehata, termasuk saat memerluka rawat inap dikamar kelas III. Daftar PBI akan ditinjau setiap 6 bulan sekali untuk memastikan ketepatan sasaran penerima.

Baca Juga:  Sultan Harapkan BPOM Tingkatkan Pengawasan Obat dan Makanan di DIY

Berdasarkan data Mapping Kepesertaan JKN/BPJS ,sampai dengan 2016 adalah PBI APBN/Jamkesmas 114.647, Non PBI sebanyak 233.575, total kepesertaan 348.222 atau 85,34 persen penduduk Kota.

Sedangkan Data Kemiskinan Kota Yogyakarta, penerima KMS sejumlah 60.195 jiwa dengan kepesertaan jaminan Kesehatan, KMS Peserta PBI APBN/ Jamkesmas/KIS adalah 35.856. 5961 merupakan Peserta Non PBI atau Mandiri/ Pekerja upah.

Sementara, jumlah yang telah memiliki Jamkesta (Jamkesos) sebesar 3.128. 71 orang telah memiliki Jamkessus (Jamkesos), dan 4.966 diusulkan pengganti Jamkesta (Jamkesos) serta Peserta PBI APBD Kota Yogyakarta per Juli 2016 sebanyak 10.213 orang. (Rep-03/Ed-03)

Baca Juga:  Buruh Tetap Minta BPJS Kelas III Digratiskan