Absen Dukung Rio Haryanto, AMY Anggap PT Garuda Indonesia Lalai

Aksi AMY di kawasan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (2/3/2016). (Januardi/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com)- Setelah tidak ikut ambil peran dalam mensponsori Rio Haryanto di ajang Formula 1, Aliansi Mahasiwa Yogyakarta (AMY) menganggap PT Garuda Indonesia telah melalaikan perannya dalam mendukung prestasi anak bangsa.
AMY menilai, sebagai salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar, PT Garuda Indonesia seharusnya lebih berperan aktif dalam mendorong prestasi Rio yang juga nantinya akan berdampak pada perekonomian bangsa.

Baca Juga:  Angka Kehamilan Tak Diinginkan Tinggi, Youth Forum dan PKBI DIY Usulkan ini ke Pemerintah

“Tapi nyatanya PT Garuda Indonesia lebih membela kepentingan asing. Misalnya jadi sponsor tim sepakbola Liverpool. Padahal banyak tim dari Indonesia yang butuh sponsor,” kata Samsul Ariski, koordinator AMY saat melakukan aksi pengumpulan seribu koin untuk Garuda Indonesia, di pertigaan Jl. Adisucipto, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (2/3).

Selain itu, Samsul juga mengatakan, AMY menyayangkan jumlah hutang PT Garuda Indonesia yang pada 2015 kemarin mencapai Rp 16,89 triliun.
“Pembelian 60 pesawat boeing dan 30 pesawat Airbus yang menghabiskan dana Rp 266,3 triliun pada awal pekan Februari lalu juga bermasalah. Karena laba bersih PT Garuda Indonesia selama Januari-Maret 2015 hanya Rp 12,05 triliun,” ujar Samsul.

Baca Juga:  Jejak LPM Ekspresi UNY Mengawal Kepentingan Publik

Untuk itu, AMY mendesak Kementrian BUMN agar segera melakukan evaluasi di dalam kinerja PT Garuda Indoensia selama ini. (Ed-03)

Kontributor: Januardi