Aksi Mayday di Yogya akan Terpusat di Jantung Kota

Ilustrasi (sutriyati/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Memperingati Hari Buruh Internasional atau Mayday yang jatuh pada 1 Mei 2016 atau hari ini, berbagai elemen buruh di Yogyakarta akan menggelar aksi unjuk rasa yang dipusatkan di jantung kota, yakni mulai dari kawasan Tugu pal Putih hingga sekitar titik nol km Yogyakarta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kabarkota.com, Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) akan memulai aksinya dari seputaran Tugu pal putih mulai pukul 07.00 WIB.

Baca Juga:  30 Pasangan Nikah Massal, Maharnya Pohon dan Burung Dara

Pada aksi kali ini, ABY yang dimotori oleh Kirnadi akan menyuarakan enam tuntutan. Yakni, Cabut PP 78 tentang pengupahan, bebaskan 26 aktifis buruh, turunkan harga Sembako, Jaminan Sosial yang layak untuk buruh, perumahan murah untuk buruh, dan pendidikan Gratis untuk anak buruh.

Sementara Aliansi Rakyat Pekerja Yogya (ARPY) yang digawangi oleh Yasanti, akan memulai aksinya sekitar pukul 08.00 WIB, dengan ruta Taman Parkr Abu Bakar Ali – DPRD DIY – Kantor Gubernur DIY (Kepatihan) – Pasar Beringharjo dan berakhir di Titik Nol KM Yogyakarta.

Baca Juga:  Ini Cerita di Balik Bisnis Ojek bertarif Rp 2/meter di Yogya

Menurut aktifis Yasanti, Hikmah Diniah saat ditemui kabarkota.com, baru-baru ini, aksi ARPY yang juga melibatkan para buruh gendong perempuan dan buruh rumahan, intinya akan mendesak pemerintah agar memberikan pengakuan serta hak-hak mereka sebagaimana buruh pada umumnya. (Rep-03/Ed-03)