Angkasa Pura 1 Yogyakarta Prediksi Penumpang Pesawat saat Mudik Turun 40%

General Manager PT Angkasa Pura 1 Yogyakarta, Agus Pandu Purnama saat memberikan keterangan kepada wartawan di Sleman, usai Apel Pembukaan Posko Angkutan Udara Lebaran 2019, pada Selasa (28/5/2019). (dok. kabarkota.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – PT Angkasa Pura I Yogyakarta memprediksi, jumlah penumpang pesawat saat arus mudik lebaran tahun 2019 ini akan mengalami penurunan hingga 40% jika dibandingkan saat arus mudik lebaran 2018 lalu.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan General Manager PT Angkasa Pura 1 Yogyakarta, Agus Pandu Purnama kepada wartawan di Sleman, usai Apel Pembukaan Posko Angkutan Udara Lebaran 2019, pada Selasa (28/5/2019).

Menurutnya, prediksi tersebut berdasarkan hasil evaluasi sejak bulan Januari 2019. “Jumlah penumpang harian sekarang 12 ribu, padahal tahun lalu 23 ribu,” ungkap Pandu.

Meski demikian, pihaknya menyatakan, selama jelang dan pasca lebaran 2019, ada 29 extra flight yang disiapkan. Dari jumlah tersebut, dua diantaranya disiapkan di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Rencana awal, jelas Pandu, extra flight akan dibagi sama antara bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dengan bandara YIA di Kulon Progo. Namun karena kebanyakan maskapai penerbangan mengajukan jadwal penerbangan pada malam hari, sementara waktu operasional di bandara YIA hanya pukul 08.00 – 18.00 WIB, maka kebanyakan rute penerbangan tambahan di bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Meski terjadi penurunan, namun Agus memperkirakan aktivitas di bandara Adisutjipto Yogyakarta tetap sibuk karena dibandingkan hari biasa, saat ini ada kenaikan penumpang sekitar 5% dan diprediksi mencapai 10% pada saat puncak arus mudik.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Raharjo mensinyalir, turunnya jumlah penumpang pesawat di DIY pada lebaran tahun ini tidak lepas dari adanya kebijakan Angkutan Mudik Gratis yang digelar oleh masing-masing Kementerian, dan institusi lainnya.

“Sampai sekarang ini sedikitnya akan ada 650 bus angkutan mudik gratis yang masuk ke DIY,” ungkapnya.

Selain itu juga adanya akses jalan tol baru yang membuat sebagian masyarakat memilih pulang kampung dengan kendaraan pribadi, karena jarak tempuhnya diperkirakan bisa lebih cepat.

Rencananya, Posko Angkutan Udara Lebaran 2019 akan mulai dibuka selama 16 hari, mulai 29 Mei – 13 Juni 2019, di Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan Bandara YIA. Sedangkan jumlah personel gabungan yang disiagakan sebanyak 105 orang. (Rep-02)