Angkatan Muda Senopati Deklarasikan Dukungan untuk Jokowi-JK

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Puluhan pemuda yang tergabung dalam Angkatan Muda Senopati (AMS), Minggu (1/6) pagi, mendeklarasikan dukungan untuk pasangan capres Joko Widodo – Jusuf Kalla (Jokowi – JK) di kompleks pemakaman raja-raja mataram di Kotagede Yogyakarta.
Koordinator AMS, Supriyadi mengatakan lokasi ini sengaja dipilih karena kompleks pemakaman raja-raja Mataram ini merupakan salah satu pusat kebudayaan yang ada di Yogyakarta. 
"Untuk nguri-uri kabudayanan (melestarikan kebudayaan)", kata Supri kepada wartawan usai deklarasi.
Baca Juga:  Ribuan Guru Honorer di Gunung Kidul akan Mogok Mengajar, Ini Alasannya
Selain melakukan deklarasi, AMS juga melakukan sujud syukur sebagai simbol kesyukuran atas majunya Jokowi-JK sebagai capres-cawapres dalam bursa Pilpres 9 Juli mendatang.
"Kami memilih pasangan Jokowi-JK karena mereka tidak punya latar belakang pelanggaran HAM", tegasnya kepada kabarkota.com.
Rencananya, setelah melakukan deklarasi, para relawan pendukung pemenangan Jokowi-JK ini juga akan mengadakan sejumlah kampanye positif, seperti bhakti sosial, dan advokasi pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat, serta berbagai kegiatan budaya.
Baca Juga:  Meski Tak Dapat Surat Tugas, Jukir Masih Rutin Bayar Retribusi
Seorang abdi dalem di kompleks Pemakaman yang enggan disebut namanya menyatakan, pihak pengelola mengijinkan kegiatan deklarasi tersebut selama tidak dipolitisir dan tetap menjaga sopan santun.
"Monggo (silahkan) saja, asal tidak di dalam kompleks pemakamannya", kata dia.
Senada dengan Abdi dalem, Seorang warga Singosaren Bantul, Wajiyono juga menganggap kegiatan deklarasi di kompleks pemakaman raja Mataram merupakan hal yang wajar, selama bisa menjaga kesopanan.
Baca Juga:  Pasca Pembubaran Acara WPFD, Wartawan AJI Yogya Merasa Terintimidasi
"Harapan saya siapa pun yang terpilih nanti, mereka dapat memperhatikan nasib rakyat kecil, terutama dalam memberikan bantuan-bantuan sosial", harapnya. (jid/tri)