Bahaya, 4 Benda Terkotor yang Sering Anda Pegang

Ilustrasi (sumber: Bussinesinsider.com)

Yogyakarta (kabarkota.com) Setiap hari Anda menyentuh beberapa benda tidak higienis yang penuh dengan kuman, baik di rumah maupun di lingkungan umum. Meskipun Anda dapat membersihkan benda-benda di rumah secara teratur, Anda tentu tidak dapat melakukan hal yang sama di depan umum. Sediakan selalu sebotol pembersih tangan atau cuci tangan Anda, terutama sebelum dan sesudah makan.

Berikut beberapa benda dan tempat kotor yang tak bisa terhindarkan dari kehidupan Anda sehari-hari sebagaimana dikutip Healthmeup, Selasa (2/9/2014):

Uang
Uang kertas maupun koin dapat berpindah tangan beberapa kali dalam sehari dan mengumpulkan bakteri dari tangan banyak orang. Sebuah studi menemukan bahwa uang tunggal mengandung 135.000 bakteri. Karena Anda tidak dapat menghindarinya, cobalah seminimal mungkin memegang uang. Jangan lupa untuk lansung mencuci tangan Anda setelah selesai memegang uang.

Baca Juga:  Berwajah Baby Face, Guru ini Sering Disangka Anak SD

Gagang Pintu
Pegangan pintu merupakan sarang kuman. Gagang pintu memang terlihat tak berdebu sehingga membuat Anda engan untuk membersihkannya. Namun kenyataannya, beberapa orang menyentuhnya setiap hari dan meninggalkan kotoran dari tangan mereka. Pastikan Anda gagang pintu sesering mungkin dan mencoba untuk menghindari membuka pintu toilet umum menggunakan tangan. Daripada membuka pintu dengan menarik gagang pintu, peganglah bagian pintu yang lebih tinggi dari pintu yang lebih rendah, sehingga lebih sedikit orang yang mungkin telah menyentuhnya.

Baca Juga:  Sembuhkan LGBT, Perlu Pendampingan

Mesin ATM
ATM merupakan tempat umum di mana banyak orang menyentuh tombol yang sama setiap harinya. Mereka cenderung menumpuk banyak bakteri. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa tombol ATM mengandung dua jenis bakteri yakni basil dan pseudomonad yang dapat menyebabkan penyakit pencernaan dan diare.

Remot Kontrol
Kebanyakan orang tidak pernah membersihkan remot kontrol yang ada di rumah mereka, karena tidak menyadari bahwa remot tersebut adalah barang kotor. Tombol yang ada di remot disentuh berulang kali oleh semua orang yang tinggal di rumah. Celah-celah di antara tombol remot mengumpulkan bakteri yang tidak sehat dari debu, kuman maupun kotoran lainnya. Meskipun Anda dapat membersihkan remote di rumah, berhati-hatilah saat menyentuh remot di tempat umum.(has/solopos.com)