Bawaslu Kota Yogya Perpanjang Pendaftaran Pengawas TPS

Logo (dok. bawaslu)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Yogyakarta memperpanjang pendaftaran calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) hingga 10 Maret 2019.

Komisioner Bawaslu Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryo Samudro mengatakan, perpanjangan jadwal penerimaan calon PTPS karena kurang terpenuhinya kuota pendaftar PTPS di wilayah Kotagede, Umbulharjo, Kraton, dan Tegalrejo.

Menurutnya, hingga 7 Maret 2019, dari 1.611 pedaftar, baru 1.365 orang yang dinyatakan memenuhi syarat. Padahal kebutuhannya 1.373 PTPS.

“Kami masih membutuhkan beberapa orang lagi untuk menjadi pengawas TPS, oleh karena itulah pendaftaran kami buka kembali hingga 10 Maret 2019,” kata Harsya melalui siaran pers yang diterima kabarkota.com, baru-baru ini.

Adapunsalah satu pensyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon PTPS adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan salinan E-KTP dan berusia minimal 25 tahun pada saat mendaftar. Sementara untuk persyaratan lainnya, para calon pendaftar bisa datang langsung ke kantor Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam), di kecamatan terdekat.

“Keikutsertaan dalam pemilu tidak hanya dengan menggunakan hak pilih semata, namun bisa juga dengan menjadi pengawas Pemilu untuk memastikan proses pemilu kita bersih, jujur, adil dan bermartabat,” tegasnya. (Ed-02)