Begini Cara Warga Paduresan Imogiri Lindungi Ekosistem Kali Celeng

Kegiatan Merti Kali Celeng, Minggu (27/1/2019). (dok. istimewa)

BANTUL (kabarkota.com) – Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menjaga kelestarian alam, termasuk ekosistem.sungai dari pencemaran air.

Satu diantaranya dengan menggelar Merti Kali Celeng yang dilakukan oleh warga di Dusun Tegal, Desa Paduresan, Kecamatan Imogiri, Kabupatan Bantul, DIY, pada Minggu (27/1/2019).

Koordinator acara Merti Kali Celeng, Tri Hariyanto menjelaskan, kegiatan tersebut sengaja digelar sebagai bentuk keprihatinan warga di bantaran Kali Celeng yang sungainya kini sudah mengalami pendangkalan sedimen akibat tumpukan sampah dan tanah hingga membuat Kali Celeng tercemar. Padahal pihaknya memperkirakan, masih ada 34 spesies ikan yang hidup di sepanjang sungai tersebut.

“Kegiatan kami tadi membersihkan sungai, rilis ikan endemik Kali Celeng, dan sosialisasi tentang sampah, serta flora fauna d bantaran kali,” kata Tri saat dihubungi kabarkota.com, Minggu (27/1/2019).

Kegiatan kali ini, lanjut Tri, selain diikuti oleh warga, juga dihadiri intansi Pemerintah Kabupaten Bantul, OPD lainnya, dan komunitas. Mengingat pada kesempatan ini, selain merti kali, juga dilakukan peluncuran Komunitas Kali Celeng.

Ketua Komunitas Kali Celeng, Suryono menambahkan, dalam waktu dekat, pihaknya akan menggandeng sejumlah instansi terkait untuk saling berbagi tentang penting merawat sungai, melui kegiatan semacam ini.

“Angan-angan kami, Kali Celeng bisa kembali natural seperti tahun 1950-an yang airnya jernih, bersih, dan banyak ikannya, serta bantaran sungai yang hijau, dengan pepohonan besar,” harapnya. (Ed-02)