Besok, Sleman Gelar Lomba Uji emisi dan uji petik kendaraan

Ilustrasi (beritadaerah.co.id)

SLEMAN (kabarkota.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman berencana menggelar lomba uji emisi dan uji petik bagi kendaraan bermotor dan roda empat di sekitar lapangan Denggung, Sleman, pada Rabu – Kamis (6-7/4/2016) besok.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sleman, Purwanto, selain dalam rangka menyambut Satu Abad Sleman, lomba yang diperuntukkan bagi kendaraan operasional instansi Badan/Dinas/Kantor, dan umum ini juga bertujuan untuk mengukur besarnya emisi gas buang kendaraan, mengetahui tingkat pemenuhan ambang batas emisi gas buang pada setiap jenis kendaraan, serta menganalisis dan mengevaluasi hasil uji emisi sebagai masukan untuk penyusunan kebijakan dan untuk mengetahui tingkat perawatan kendaraan.

Selain itu, bagi pemilik kendaraan yang tak lolos uji, juga dapat melakukan konsultasi perawatan kendaraannya, mulai pukul 08.00 WIB.

Untuk hari pertama, kata Purwanto seperti dilansir laman Pemkab Sleman, Baru-baru ini, akan dikususkan bagi kendaraan dinas, sebagai lomba uji emisi dan siangnya dilanjutkan uji petik kendaaraan umum. Sedangkan pada tanggal 7 April 2016 akan dilanjutkan uji petik emisi kendaraan bermotor roda empat pribadi maupun kendaraan umum niaga.

Untuk itu, pihaknya berharap, agar masyarakat turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut nantinya. Mengingat, target dalam uji emisi maupun uji petik kali ini adalah 80 untuk kendaraan dinas roda empat dan 520 kendaraan roda empat umum maupun niaga.

Masyarakat pengguna jalan khususnya jalan Magelang yang melintasi perempatan Denggung juga diimbau agar tak khawatir terganggu perjalannya, karena saat pelaksanaan uji emisi maupun uji petik nanti akan banyak melibatkan aparat baik dari Polri maupun Dishubkominfo.

“Perlu digawrisbawahi bahwa event ini tidak disertai ¬†operasi penindakan pelanggaran lalu lintas seperti pemeriksaan surat-surat kendaraan,” ucapnya. (Rep-03/Ed-03)