Biaya Pelantikan Habiskan 368 Juta

SLEMAN (kabarkota.com) – Lima puluh anggota DPRD Kabupaten Sleman terpilih akan dilantik pada Selasa, (12/8) di Ruang Paripurna Dewan, Gedung DPRD Kabupaten Sleman.
Kepala Bagian Informasi dan Pelayanan Aspirasi DPRD Kabupaten Sleman, Errin Kasnarti menuturkan, dari 50 anggota dewan terpilih tersebut ada 19 orang incumben, sedangkan sisanya merupakan anggota dewan baru. 
Dalam pelantikan itu, katanya, dianggarkan dana sebesar Rp 200 juta. Dana tersebut digunakan diantaranya untuk pengamanan, konsumsi, sewa kursi, dan tenda. 
"Itu keperluan yang membuat dana yang dikeluarkan besar," kata Errin di DPRD Kabupaten Sleman, Jumat (8/8).
Selain itu sudah digunakan pula dana Rp 168 juta untuk membuatkan seragam anggota dewan terpilih. Seragam tersebut ada 4 jenis, yakni pakaian sipil lengkap (PSL), pakaian sipil resmi (PSL), pakaian dinas harian (PSH), dan pakaian sipil harian (PSH). Total dana yang akan dikeluarkan sebesar Rp 368 juta. 
"Anggota dewan incumben hanya mendapat 2 jenis, PDH dan PSH, sedangkan anggota dewan baru mendapatkan 4 jenis seragam tadi," kata Kepala Sub Bagian Rumah Tangga DPRD Kabupaten Sleman, Juwartini. 
Juwartini menjelaskan jika seragam memang selalu dianggarkan setiap tahun, khususnya PDH dan PSH. "Sudah ada anggarannya," kata dia.
Pelantikan anggota dewan baru tersebut rencananya akan dihadari para pejabat di lingkungan kabupaten Sleman. Selain itu, akan diundang pula perwakilan perguruan tinggi, partai politik peserta pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). (kim/jid)