BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan DIY dan Sekitarnya

Logo (dok. bmkg)

CILACAP (kabarkota.com) – Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cilacap, Jawa Tengah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan DIY dan Sekitarnya. Peringatan tersebut berlaku mulai Senin (1/10/2018) atau hari ini hingga 4 Oktober 2018, pukul 07.00 WIB.

Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap, Nurmaya menjelaskan, saat ini di Samudera Pasifik timur Filipina terdapat typhoon “Kong-°Rey”, dengan pusat tekanan 970 hPa dan kecepatan maksimum 70 kt. Pola angin timuran mencapai 37 km/jam yang persisten dari Perairan Enggano hingga barat Lampung. Perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, dan Laut Arafun. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah-wilayah tersebut.

Loading...

Sementara di DIY, lanjut Nurmaya, tinggi gelombang 2.5 – 4 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Yogyakarta, dan Samudera Hindia selatan Yogyakarta. Sementara di Jawa Tengah, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Samudera Hindia selatan Kebumen dan Purworejo.

Untuk itu pihaknya berharap, agar keselamatan pelayaran perahu nelayan, kapal tongkangN kapal ferry, dan kapal ukuran besar diperhatikan.

“Masyarakat, nelayan, dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di pesisir selatan Jawa harap mempertimbangkan kondisi tersebut,” pinta Nurmaya melalui siaran pers, Senin (1/10/2018). (Ed-03)