Calon Wagub DIY akan Dialog “Blak-blakan” di XT Square

Ilustrasi (dok. kadipaten pakualaman)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Raja Kadipaten Pakualaman Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X (KGPAA PA X) yang juga calon Wakil Gubernur (Wagub DIY), akan berdialog secara eksklusif dan “blak-blakan” di kompleks XT Square, Jumat (29/1/2016) malam.

Pengelola XT Square, Hasto Prakosa menjelaskan, dalam sejarah, PA X merupakan Adipati Pakualaman kedua yang dinobatkan setelah Kadipaten Pakualaman bersama Kasultanan Yogyakarta yang telah bergabung ke Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebab, era sebelumnya, mulai dari PA I hingga PA VIII seluruhnya bertahta di era dimana kolonialisme Inggris, Belanda dan Jepang bercokol di bumi Nusantara.

Baca Juga:  Soal Pelantikan Wagub DIY, Mendagri: DPRD Harusnya Cepat

“Menjadi seorang Adipati Pakualam merupakan amanat berat karena ia akan beraa di kadipaten yang selalu berada di antara ketegangan nilai tradisi dan modernitas,” kata Hasto dalam siaran pers yang diterima kabarkota.com, Kamis (28/1/2016).

Karenanya, lanjut Hasto, putra sulung dari PA IX yang bernama kecil RM. Wijoseno Hario Bimo ini akan berdialog secara khusus terkait dengan janjinya untuk mengemban kebudayaan dengan tujuan utama peningkatan kesejahteraan masyarakat, mulai pukul 19.30 WIB. (Rep-03/Ed-03)

Baca Juga:  Ini Kata GKR Mangkubumi soal Pembubaran Sedekah Laut