Cara Unik Generasi Muda Milenial Padasan Lestarikan Seni Budaya

Pentas seni jatilan dalam memperingati HUT Padasan ke-29. (dok. istimewa)

SLEMAN (kabarkota.com) – Perayaan ulang tahun apalagi di kalangan generasi muda, identik dengan kemeriahan dan hura-hura.

Begitupun yang dilakukan oleh Organisasi Paguyuban Muda Mudi Sedan (PADASAN) di Dusun Sedan, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman DIY. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Padasan ke-29, para generasi muda tersebut juga menggelar pesta.

Namun, bukan sembaran pesta, melainkan pentas seni dan budaya berupa pertunjukam jatilan, di lapangan voli dusun setempat, pada Minggu (13/1/2019).

Dukuh Sedan, Miyarno, mengatakan, selain untuk memperingati hari jadi Padasan, dan hiburan bagi masyarakat sekitar, juga sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya yang harus harus terus dilestarikan. Termasuk, untuk oleh generasi milenial.

“Jangan sampai budaya adi luhung kita tergerus oleh budaya asing, dan saya pun berharap jangan sampai merusak generasi kita dengan miras dan narkoba,” kata Miyarno melalui siaran persnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua Panitia HUT PADASAN, Alex yang selanjutnya diserahkan kepada Dukuh Sedan, Miyarno.

Sebelumnya, pada 3 Januari 2019 lalu, warga Dusun Sedan mendeklarasikan diri sebagai kampung bebas narkoba dan menolak kos-kosan bebas. Acara tersebut dihadiri oleh Kapolres Sleman, Rizky Ferdiansyah. (Ed-01)