Cawapres Jokowi

 

YOGYAKARTA (kabarkota.com)  Calon presiden PDI Perjuangan, Joko Widodo (Jokowi), akan segera mengumumkan siapa calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam pilpres mendatang. Hal tersebut diungkapkan Jokowi kepada wartawan saat mengunjungi museum Ki Hajar Dewantoro di pendopo Taman Siswa Yogyakarta, Sabtu (03/05).

Jokowi meminta media untuk sabar, karena dalam waktu dekat, Jokowi akan mengumumkan siapa pendampingnya.
.
"Sabar, sabar, sabar. Satu minggu lagi saya umumkan siapa pendamping saya," kata Jokowi pada wartawan.

Namun saat ditanya soal dua nama jenderal yang sempat muncul untuk mendampinginya, yaitu Ryamizard Ryacudu dan Djoko Santoso, Jokowi tak menjawab. Selain dua nama jenderal tersebut, beredar pula nama mantan wapres Jusuf Kalla dan mantan ketua Mahkamah Konsitusi, Mahfud MD. Sebelum berangkat ke Yogyakarta, Jokowi dan Yusuf Kalla bahkan sempat bertemu di bandara karena kebetulan Yusuf Kalla ada acara di Semarang. Namun Kalla juga menolak memberikan keterakan soal peluangnya menjadi cawapres Jokowi.

Jokowi tetap bersikukuh bahwa pada waktunya dia akan mengumumkan siapa calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam pilpres mendatang.

"Ditunggu saja, seminggu lagi ya, sabar," kata Jokowi lalu masuk ke dalam mobil.

Kunjungan ke kampus peninggalan Ki Hajar Dewantoro ini, memang sudah menjadi agenda Jokowi. Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Pardimin, menyatakan Jokowi meminta waktu berkunjung ke Pendopo Taman Siswa,Museum Dewantara Kirti Griya serta  ke kampus UST. Kunjungan ke kampus UST  dibatalkan karena mepetnya waktu. Dalam ceramahnya, Jokowi menekankan pentingnya pendidikan budi pekerti bagi anak didik.  Christ/aif.