Delapan Pemimpin Negara akan Hadiri Pelantikan Jokowi-JK


Presiden Terpilih Joko Widodo (kiri) dan Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla (kanan) dengan didampingi istri mereka.(Sumber Foto: Antara)

 

JAKARTA (kabarkota.com) – Sebanyak delapan pemimpin negara memastikan akan hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Indonesia, Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Pelantikan tersebut, rencananya akan digelar pada Senin, 20 Oktober 2014.

Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Edi Siregar mengungkapkan delapan kepala negara tersebut, diantaranya Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah; Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak; Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong; Presiden Timor Leste, Taur Matan Ruak; Presiden Iran, Hassan Rouhani; Perdana Menteri Australia, Tony Abbott; Perdana Menteri Haiti; dan Gubernur Jenderal Papua Nugini.

Baca Juga:  Pakar Politik UGM: Pelembagaan Koalisi Merah Putih Perlu Didorong, Asal???????

Disamping itu, Edi melanjutkan, Wakil Perdana Menteri Thailand; Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry; Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Murray McCully; serta Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague, juga akan datang.  

"Lalu ada utusan dari negara sahabat pula," ujarnya saat mengunjungi kediaman Hatta Rajasa di Jakarta seperti dikutip Antara, Rabu (15/10). Mereka yakni Menteri Luar Negeri Federasi Rusia; Utusan Khusus Republik Rakyat Tiongkok; Menteri Luar Negeri Belanda; Utusan Khusus Vietnam; dan mantan Perdana Menteri Jepang.

Baca Juga:  Alasan Sibuk, Bawaslu Jawa Timur Tak Catat Laporan Keuangan Sejak 2012

Edi mengaku belum mengetahui rincian anggaran yang akan digunakan untuk acara pelantikan Jokowi-JK nanti. “Anggaran pelaksanaan pelantikan ada di Komisi Pemilihan Umum dan MPR hanya menyediakan konsumsi untuk para tamu undangan. Nanti akan kami sampaikan," ujarnya.

AHMAD MUSTAQIM