Dema Justicia UGM akan Gelar Aksi untuk Siyono

Aktifis Dema Justicia FH UGM, Abdul Adhim Azzuhri (tengah). (sutriyati/kabarkota.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – Dewan Mahasiswa (Dema) Justicia Fakultas Hukum (FH) UGM berencana menggelar aksi unjuk rasa guna menyikapi dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dilakukan oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror, kaitannya dengan kematian warga Klaten Jawa Tengah, Siyono.

Aktifis Dema Justicia FH UGM, Abdul Adhim Azzuhri mengatakan, rencana aksi yang digelar pada Rabu (13/4/2016) mendatang di Mapolda DIY, akan menitikberatkan pada empat poin tuntutan.

Baca Juga:  BNNP DIY Tangkap Kurir Narkoba dari Afrika Selatan

Keempat tuntutan itu adalah mendesak pemerintah melakukan pengkajian ulang terhadap sistem dan cara kerja penumpasan terorisme beserta pengawasannya, mendesak Kapolri bertanggung-jawab atas segala dugaan pelanggaran HAM berat yang dilakukan anggota Densus 88, serta mengusut tuntas terhadap dugaan pelanggaran tersebut, dan mendesak Kapolri menuntaskan kasus Siyono.

“Sejak tahun 2000 – 2013, setidaknya ada 83 terduga teroris yang dieksekusi mati secara sepihak oleh Densus 88,” ungkap Abdul, di sekretariat Dema Justicia FH UGM, Senin (11/4/2016) sore.

Baca Juga:  Pusham UII: Polisi Harus Tegak Mengawal Konstitusi

Menurutnya, tindakan penghilangan nyawa secara sepihak itu melanggar 10 hak korbannya, seperti hak hidup dan hak kebebasan. (Rep-03/Ed-03)