Dengan Aplikasi Ini, Perangkat Elektronik di Rumah bisa Diremote dari mana pun

Aplikasi Hico karya dua mahasiswa Yogyakarta (Sutriyati/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Meremote televisi atau perangkat elektronik lainnya dalam jarak dekat itu adalah hal yang biasa dilakukan. Tapi pernahkah Anda bayangkan mengontrol berbagai peralatan elektronik di rumah dari lokasi yang tak terbatas ruang dan waktu?

Di era Teknologi Informasi (TI) yang semakin canggih seperti sekarang, hal itu bukan sesuatu yang mustahil lagi untuk dilakukan. Salah satunya melalui aplikasi Hybrid Smart controller (Hico) karya dua mahasiswa Yogyakarta, Doni Prabowo dan Ventri Hendika

Saat ditemui kabarkota.com usai peluncuran Telkomsel 4G LTE di Yogyakarta, Sabtu (14/11), Doni menjelaskan aplikasi Hico merupakan alat pemindah kontrol peralatan elektronik di rumah via hape dengan media internet.

"Misalnya lupa mematikan lampu atau setrika, bisa dipadamkan melalui aplikasi," kata Doni.(Baca juga: Telkomsel 4G LTE hadir di Yogya, Ini Pesan Walikota)
 
Selain itu, melalui aplikasi ini, juga bisa monitoring CCTV, bahkan memprediksi tagihan listrik karena bisa mendeteksi penggunaan daya listrik, sehingga bisa diketahui besaran biayanya.

"Hico juga bisa menjadwalkan peralatan elektronik kapan mati/kapan hidup secara otomatis," imbuhnya.

Lalu bagaimana untuk bisa menggunakan fasilitas canggih ini? Pertama, aplikasi Hico bisa didownload dari HP berbasis android melalui google play. Kemudian, dikoneksikan dengan alat hicocontroller yang bisa dipesan secara online di www.hicocontroller.com, dengan bandrol harga sekitar Rp 4 juta dan Rp 8 juta. (Rep-03)