Di Madrasah Muallimin Yogya, Presiden Jokowi Cerita soal Infrastruktur

Presiden RI, Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam Resepsi Milad 1 Abad Muallimin-Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (6/12/2018). (Dok. Kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Milad 1 Abad Muallimin – Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta, pada Kamis (6/12/2018).

Pada kesempatan ini, selain memberikan ucapan selamat atas Milad 1 Abad, Presiden RI juga menceritakan soal pentingnya pembangunan infrastruktur yang selama ini digencarkan oleh pemerintah.

“Mengapa kita perlu membangun infrastruktur?” tanya Jokowi.

Presiden menjelaskan, pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, pelabuhan, bandara, jembatan, dan pembangkit listrik penting untuk mempermudah mobilitas masyarakat antar wilayah.

“Dari sisi ekonomi diperlukan dalam rangka bersaing dengan negara-negara lain,” ucapnya.

Selain itu, Jokowi yang juga menjadi Calon Presiden (Capres) incumbent pada Pilpres 2019 ini juga menambahkan, sebagai negara besar, Indonesia yang terdiri dari 17 ribu pulau, 34 provinsi, 514 kabupaten/kota, 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa daerah, serta jumlah penduduk yang kini mencapai 260 juta jiwa, harus saling dihubungkan sehingga terbangun rasa persatuan dan kesatuan.

“Membangun infrastruktur itu tak hanya sekedar ekonomi tapi juga persatuan bangsa Indonesia,” tegasnya.

Loading...

Di tahun 2019, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, orientasi pembangunan akan digeser dari infrastruktur ke pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) guna menghadapi persaingan, utamanya di era revolusi Industri 4.0. Salah satunya, melalui jalur pendidikan. (Rep-01)