Di Yogyakarta, Harga Hewan Kurban capai Rp 25 juta

Harga Sapi Jawa Dibandrol seharga Rp 22,5 juta per ekor. (Tria/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Jelang datangnya Idul Adha 1435 Hijriyah, harga jual hewan kurban, khususnya sapi di kawasan Timoho Yogyakarta, Sabtu (27/9) mencapai Rp 25 juta per ekor.

Salah satu penjual hewan kurban di Jalan Kenari, Sugiyanto mengatakan, harga hewan, baik sapi maupun domba pada tahun ini relatif lebih mahal jika dibandingkan pada Idul Adha tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Cendekiawan non Muslim Ikuti Konferensi Internasional Kajian Al Quran di UIN Yogya

"Kalau dulu dengan Rp 12 juta – Rp 15 juta sudah bisa dapat sapi, sekarang belum dapat," kata Sugiyanto saat ditemui kabarkota.com di outletnya.

Ia menyebutkan, harga sapi jelang hari raya kurban di kirasan Rp 17,5 juta – Rp 25 juta per ekor. Sedangkan untuk harga domba, antara Rp 1,6 juta – Rp 5 juta per ekor.

"Jika pembeliannya minimal 5 ekor sekaligus, kami memberi harga khusus," jelas dia.

Baca Juga:  Tengkleng gajah rasa kambing ada di Yogya

Meski penjualan hewan kurban tahun ini mengalami peningkatan, namun sambung dia, hingga satu minggu jelang Idul Adha, angkanya belum signifikan.

"Baru sekitar 25 persen yang terjual. Biasanya nanti ramainya mulai H-5," ungkap dia.

Sugiyanto juga mengaku, pihaknya telah menyediakan stok sedikitnya 165 ekor kambing jenis domba dan jawa, serta 10 ekor sapi lemosin dan metal yang didatangkan dari Gunung Kidul.

Di musim kemarau seperti ini, tambah dia, pihaknya cukup kesulitan untuk mendapatkan pakan sehingga harus membeli rumput, dedaunan maupun bekatul untuk mencukupi kebutuhan per harinya. Terlebih, jenis domba rawan demam dan mengalami diare jika pemberian pakannya tidak hati-hati.

Baca Juga:  Eksekusi Mati Siti Zaenab, Upaya Pembebasan yang Kandas di Tangan Ahli Waris Korban

SUTRIYATI