Di Yogyakarta, Puncak Gerhana Bulan Total akan Terlihat selama 1 Jam

Ilustrasi Gerhana Bulan Total (sumber: depoknews.com)

 

SLEMAN (kabarkota.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memperkirakan, Puncak gerhana bulan total yang terjadi pada Rabu (8/10) atau hari ini akan berlangsung sekitar satu jam.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG DIY, Tony Agus Wijaya menjelaskan, proses gerhana bulan secara keseluruhan berlangsung mulai pukul 15.14 WIB – 20.35 WIB.

"Puncak gerhana bulan total akan terjadi pada pukul 17.24 – 18.24 WIB. Setelah itu akan terjadi gerhana sebagian dan berangsur pulih setelah pukul 20.35 WIB," kata Tony saat dihubungi kabarkota.com melalui sambungan telepon.

Baca Juga:  Ketua Komisi Belum Terbentuk, Pembahasan Raperda Difabel di Kota Yogyakarta Belum Pasti

Menurutnya, gerhana bulan total kali ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia termasuk Yogyakarta dengan mata telanjang.

"Gerhana bulan ini juga aman untuk penglihatan karena hanya pantulan sinar matahari yang mengenai bulan," ungkapnya.

Selama tahun 2014 ini, sambung dia, ini yang kedua kalinya terjadi gerhana bulan total. Hanya saja, pada 15 April lalu, gerhana tersebut tidak dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga:  Jamaah Salat Gerhana Matahari di Masjid Gedhe Kauman Yogya Membludak

Selain gerhana bulan, Tony juga memperkirakan, pada 23 Oktober mendatang juga akan terjadi fenomena alam berupa gerhana matahari untuk kedua kalinya sepanjang tahun 2014. Namun, gerhana matahari mendatang, hanya dapat disaksikan di wilayah Amerika bagian utara dan Samudera Pasifik Utara.

SUTRIYATI